Home » » KUD KARYA MINA UPAYAKAN TEROBOSAN BARU UNTUK NAIKAN SHU

KUD KARYA MINA UPAYAKAN TEROBOSAN BARU UNTUK NAIKAN SHU

Written By media rakyat99 on Thursday, 28 March 2019 | 10:22:00

TEGAL –  (Media Rakyat). Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi Usaha Desa (KUD) Karya Mina Tegalsari Kota Tegal tahun 2018 mengalami penurunan Rp. 10 juta dibandingkan tahun 2017. SHU tahun 2017 sebesar Rp. 413 juta sedangkan SHU tahun 2018 sebesar Rp. 403 juta. Penurunan SHU ini langsung disikapi pengurus KUD Karya Mina dengan mengupayakan terobosan baru untuk meningkatkan keuntungan KUD Karya Mina.
Hal tersebut diungkapkan Ketua KUD Karya Mina Hadi Santoso saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2018, Rabu (27/3) di Gedung Mina Graha. Hadir Kepala Dinas Dinas Kelautan dan Pertanian Kota Tegal, Ir. Noor Fuadi yang mewakili Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M.
“SHU tahun ini (2018, red) turun dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2017 SHU mencapai Rp. 413 juta, sedangkan tahun 2018 SHU sebesar Rp. 403 Juta. Untuk asset, tahun 2018 meningkat dibandingkan tahun 2017. Sedangkan untuk omset juga menurun. Tahun 2017 sebesar Rp. 198 millar dan tahun 2018 sebesar Rp. 182 milliar,” papar Hadi.
Dengan turunnya SHU yang diperoleh anggota KUD Karya Mina, pengurus berupaya melakukan terobosan yang dapat meningkatkan pendapatan KUD. Terobosan yang dilakukan KUD Karya Mina dengan meminta seluruh nelayan Kota Tegal agar membeli kebutuhan solar untuk bahan bakar kapal mereka.
“Target usaha di KUD Karya Mina ada yang mencapai target dan ada yang tidak. Untuk meningkatkan pendapatkan, KUD Karya Mina meningkatkan terobosan yang menguntungkan KUD,” sebut Hadi.
Sementara itu, Ketua Puskud Mina Baruna Semarang Karjono, SH juga mengharapkan agar nelayan yang akan berangkat melaut untuk membeli bekal di KUD Karya Mina. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memajukan KUD.
“Perbekalan kapal diharapkan dapat memanfaatkan usaha-usaha KUD, belinya di KUD,” ujar Karjono.
Harapan yang sama disampaikan Ketua DPC HNSI Kota Tegal, Riswanto. Riswanto mengharapkan agar pelaku usaha perikanan Kota Tegal dapat memajukan koperasi. “Sinergitas antara koperasi, pelaku udaha, HNSI, PNKT dalam mensejahterakan anggota/nelayan melalui koperasi. Mari kita majukan bersama koperasi Karya Mina dimasa yang akan datang,” ungkap Riswanto.
Terkait fasilitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Kota Tegal, Riswanto mendorong agar TPI Pelabuhan Kota Tegal untuk dilaksanakan renovasi dan adanya perbaikan fasilitas TPI. Hal itu disebutkannya semata-mata agar perekonomian berjalan baik dan nelayan sejahtera. Riswanto juga mendorong pengelolaan TPI dikelola kembali KUD agar kesejahteraan nelayan meningkat.
Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian Kota Tegal, Ir. Noor Fuadi yang membacakan sambutan Walikota Tegal mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Tegal menyampaikan selamat dan apresiasi kepada pengurus, pengawas serta seluruh anggota KUD Karya Mina atas terselenggaranya RAT Tutup Buku tahun 2018.
Walikota menuturkan, koperasi sebagai badan usaha yang berdasarkan atas asas kekeluargaan harus dapat memberikan jawaban yakni terciptanya kesejahteraan anggota khususnya nelayan Kota Tegal. penekanan utama membangun koperasi adalah membangun kesejahteraan.
“Indikator keberhasilan sebuah koperasi tentunya dilihat dari sisi sejauh mana perubahan tingkat kehidupan anggotanya sebelum dan sesudah berkoperasi,” ungkap Walikota dalam sambutannya.
Walikota juga mengajak agar nelayan Kota Tegal bisa melakukan gerakan menabung dalam wadah koperasi, baik untuk dirinya sendiri, keluarga dan kelompok. Menabung atau menempatkan dana di koperasi bukan saja ikut membesarkan koperasi, juga ikut serta membangun ekonomi kerakyatan.
“Tidak hanya menabung di koperasi KUD saja, juga melakukan pinjaman kredit di KUKD Karya Mina untuk pengembangan usaha. Terutama bisa dilakukan untuk usaha-usaha olahan hasil perikanan, atau usaha-usaha lainnya. Jika kegiatan pengembangan usaha lain dilakukan dengan baik, maka efeknya akan membangun penguatan ekonomi rakyat,” pungkas Walikota. (Daryani/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita