Home » » LOMBA MERPATI TINGGI NN PAR’IN, RANDUSANGA BREBES

LOMBA MERPATI TINGGI NN PAR’IN, RANDUSANGA BREBES

Written By Media Rakyat on Tuesday, 7 November 2017 | 19:29:00



BREBES -  (Media Rakyat). Setelah sukses dan berhasil mengadakan lomba bertaraf nasional yang diadakan pada hari Jumat sampai dengan Minggu tanggal 20 sampai dengan 22 Oktober 2017 lalu, kini Kalangan Merpati Tinggi “NN”, Par’in, Randusanga Brebes mulai berbenah untuk lomba bertaraf nasional berikutnya yakni hari Jum’at, Sabtu dan Minggu tanggal 3,4 dan 5 November 2017.
Sebagaimana disampaikan oleh Swi Soma Budi Santoso atau yang akrab di sapa Santo bahwa lomba yang diadakan kali ini berhadiah total Rp. 25 juta rupiah dengan ketentuan pendaftaran  lomba sebesar Rp. 150 rb dan pendaftaran ulang sebesar Rp. 130 rb.
“Berbagai persiapan sudah kami lakukan beberapa hari yang lalu, diantaranya adalah pemasangan batas penggeber, area penggeber melakukan protes dan penataan area parkir yang biasanya ramai pada saat hari minggu atau  pada  saat penyisihan berlangsung,” ucap Santo.
“Untuk mendukung kinerja panitia dan berlangsungnya perlombaan secara fair play  , pada saat hari Minggu atau penyisihan berlangsung akan dipasang 4 kamera dengan tata letak depan, samping kanan dan kiri serta atas tempat burung merpati masuk,” tambah Santo sembari menjelaskan bahwa tujuan utama pemasangan kamera ini adalah untuk mengetahui burung merpati mana yang dulu masuk dan sampai ke dasar atau ke tanah dimana area yang telah ditentukan.
“saat lomba berlangsung kami juga merekrut hakim garis, tunjuk dan hakim agung yang jujur, independent serta menjunjung tinggi sportifitas,” pungkas Santo   
Banyak tim tim besar berdatangan baik dari Kabupaten Brebes maupun daerah sekitar, terlihat ada tim Baron, tim SSB, tim Jaka, Tim Mutiara M3, Tim Mutiara Hewwit dan lainnya dari Kota Tegal, sedangkan dari tim dari Brebes tampak terlihat tim Tiga Dara, tim Sinter, tim Barongsai, tim Gembel Elit, Tim Dozer serta tim yang lainnya.
Rizki salah satu tim dari Brebes, Tiga Dara dengan cirri khas kostum berwarna orange dan burung andalannya CB 100 dan Gareng 93 yang pernah menyabet juara 2 pada event lomba sebelumnya menyampaikan bahwa untuk lomba kali ini dia dan Tim nya sudah menyiapkan burung merpati andalannya dan burung lainnya yang masih satu tim bertekad dan yakin akan kembali bisa merebut juara atau podium
“Untuk persiapan lomba kali ini saya dan Tim saya akan senantiasa memaksimalkan kinerja burung lomba, diantaranya dengan memberikan porsi latihan dan perawatan yang lebih sebagaimana atlit yang akan bertanding, juga tak lupa berdoa semoga bisa juara,” ucap Rizki.
Ditambahkan oleh Iwan salah satu penggeber dari tim Dozer bahwa ia kerap memberikan perlakuan khusus pada malam hari semenjak 4 hari sebelum perlombaan berlangsung, diantaranya pemberian jamu tuturnya.
Untuk kelancaran lomba Kalangan merpati tinggi  NN, Par’in juga menyediakan tim buru sergap (buser) yang berjumlah 3 orang untuk memantau dan mencari selama masa latihan dan lomba berlangsung mana kala ada burung merpati menjauhi kalangan atau keluar jalur dari yang sudah di tentukan.
 “kalau perlu kami juga akan mencari info keberadaan burung merpati lomba yang hilang atau belum ditemukan sampai malam hari supaya cepat diketemukan dan cepat kembali kepada pemilik sah burung tersebut,” ucap Dairun. (Daryani/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita