Home » » PEMILIHAN KETUA RT DAN RW DILAKSANAKAN SEBELUM PILWALKOT

PEMILIHAN KETUA RT DAN RW DILAKSANAKAN SEBELUM PILWALKOT

Written By Media Rakyat on Thursday, 19 October 2017 | 10:37:00



TEGAL – (Media Rakyat). Pemilihan Ketua RT dan RW di seluruh kota Tegal akan dilaksanakan sebelum Pemilihan Walikota. Hal ini disampaikan oleh Plt. Walikota Tegal, Drs. M Nursholeh, M.MPd saat menjawab pertanyaan warga dalam sesi tanya jawab Monitoring Wajah Kota di pendopo Kelurahan Cabawan, Jum’at (13/10).
Sebelumnya ketua RT 01, RW 01 kelurahan Cabawan Sri Hartati menanyakan apakah pemilihan ketua RT dan RW akan diperpanjang sampai pemilihan Walikota tahun 2018 mendatang.
Nursholeh menambahkan bahwa periodesasi RT dan RW berakhir pada 31 Desember 2017, yang berarti pemilihan RT dan RW dilaksanakan sebelum akhir tahun 2017 atau sebelum Pemilihan Walikota tahun 2018 mendatang. Ia menambahkan, bahwa pemilihan RT dan RW ini dilaksanakan dengan mendasari aturan yang ada, jika pihaknya memperpanjang masa jabatan RT dan RW maka berarti menyalahi aturan.
Senada dengan Plt. Walikota, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Tegal Ir. Nunik Pratiwi menyampaikan bahwa berdasarkan Peraturan Daerah nomor 4 tahun 2010 tentang Kelembagaan Masyarakat dan Peraturan Walikota nomor 2 tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda nomor 4 tahun 2010, masa jabatan Rt dan RW adalah tiga tahun, dan untuk periode sekarang berakhir pada 31 Desember 2017, yang artinya pemilihan Ketua RT daan RW akan dilaksanakan sebelum akhir tahun 2017.
Nunik menjelaskan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan Rapat Koordinasi Camat dan Lurah yang salah satunya akan membahas pemilihan RT dan RW. Selain itu, masing-masing kelurahan akan mendapatkan Surat Edaran untuk menyelenggarakan pemilihan RT dan RW di wilayahnya.
Pemilihan RT dan RW diperkirakan akan dilaksanakan akhir tahun 2017, sehingga pada tanggal 1 Ajnuari 2018 mendatang Ketua RT dan Ketua RW yang baru sudah bisa di kukuhkan dan sudah mulai aktif. (Daryani/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita