Home » » UPACARA PERINGATAN HARI PANCASILA

UPACARA PERINGATAN HARI PANCASILA

Written By Media Rakyat on Friday, 2 June 2017 | 10:31:00

PEMALANG - (Media  Rakyat). Bupati Pemalang. H. Junaedi, Dalam upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2017.dalam sambutannya, Bupati mengupas Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir.Soekarno. Kamis (01/05/2017).di Halaman Pendopo kabupaten Pemalang.
Bupati Pemalang membacakan teks sambutan Presiden menjelaskan " bahwa Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal, 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara, sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita. Selanjutnya Presiden mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya pelaku media dan jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila ".
Di samping itu Presiden juga menegaskan " Pemahaman dan Pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan dimedia sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Ditandaskanya bahwa tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila. Tidak ada pilihan lain kecuali seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, Makmur, bermartabat dimata internasional".
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017, yang dilaksanakan hari kamis tanggal (01/06/2017) di halaman Pendopo Kabupaten Pemalang yang diikuti Forkopimda Kabupaten Pemalang, Kepala OPD dan unsur pelaksana Pemkab Pemalang, TNI dan Polri, PKK dan Dharma Wanita Kabupaten Pemalang, Pelajar dan Pramuka. (Heri/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita