Home » » JADIKAN BULAN SUCI RAMADAN, SEBAGAI BULAN UNTUK MENINGKATKAN IBADAH DAN MEMPERERAT TALI SILATURAHMI

JADIKAN BULAN SUCI RAMADAN, SEBAGAI BULAN UNTUK MENINGKATKAN IBADAH DAN MEMPERERAT TALI SILATURAHMI

Written By Media Rakyat on Friday, 2 June 2017 | 10:14:00



TEGAL – (Media Rakyat). Acara Buka bersama antara Pemerintah Kota Tegal dengan Forkompimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi kemasyarakatan kembali gelar di Peringgitan, Selasa (30/5/2017) sore.
Acara yang diadakan menjelang waktu berbuka puasa diadakan oleh Pemerintah Kota Tegal tidak lain bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara Pimpinan daerah dalam hal ini Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno, khusunya untuk menjaga iklim yang kondusif selama bulan Ramadan
Sebagaimana disampaikan oleh Walikota bahwa acara berbuka bersama ini adalah suatu kenikmatan dari Allah SWT dan sekaligus sebagai ajang silaturahmi antara Pemerintah Kota Tegal dengan seluruh jajaran Tokoh agama, tokoh masyarakat, stakeholder dan pemangku kepentingan di Kota Tegal, “Sesungguhnya pada malam hari ini adalah suasana yang lebih membahagiakan bagi kita semua karena selain silaturahmi didalam suasana yang penuh hidmat didalam bulan Ramadan yang penuh kemuliaan yang diturunkan oleh Allah SWT, dimana kita diizinkan untuk bertemu lagi dengan bulan yang penuh kemuliaan yang penuh pahala dan ampunan bagi hambanya,”tuturnya.
Ditambahkan pula oleh Walikota bahwa kegiatan seperti ini sangat diperlukan karena kita semua sebagai keluarga besar Kota Tegal harus senantiasa menjalin silaturahmi, karena dengan kesibukan kita sehari-hari kadang kita lupa untuk bertegur sapa dengan sesame, “Karena dengan kesibukan kita sehari hari kadang kita tidak sempat saling menyapa, memberikan salam . Untuk itu atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Tegal saya menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan, mohon maaf lahir batin apabila dalam keseharian ada terasa yang tidak berkenan, kurang elok, kurang pantas mohon di maafkan sebesar besarnya,” ungkap Walikota
Walikota juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tegal senantiasa mempunyai ikhtiar untuk memberikan yang terbaik bagi masyarkatnya, karena sebagai abdi Negara yang mengemban amanah dari masyarkat dan juga sebagai hamba yang bertaqwa sudah sepatutnya  Pemerintah ada bersama masyarakat, memperhatikan dan memberikan pengayoman dan juga lewat program-program peningkatan kemajuan dan kesejahteraan masyarkat Kota Tegal pada umumnya, “Ini adalah kepentingan kita semua, kepentingan kita bersama, apabila Kota Tegal kita maju, masyarkat sejahtera, ekonomi kita kuat insyaallah ini akan mendapat barokah dari Allah SWT,” ujarnya.
Terkait banyaknya ancaman yang merongrong keutuhan NKRI Walikota kembali berharap  kepada semua warga Kota Tegal jangan sampai terjadi di Kota Tegal, “Mari kita jaga tutur kata, sikap kita khusunya dalam bulan suci Ramadan dan ini kita bawa nanti setelah Ramadan meninggalkan kita sebagai tabiat kita dalam keseharian, senantiasa mengutamakan kesantunan dan silaturahmi” harap Walikota.
Dalam kesempatan itu diserahkan oleh Walikota Tegal kepada Drs. H. Saefudin Zuhri secara simbolis bantuan 24 gulung karpet sajadah untuk masjid jami Baiturrahman tegalsari  dan santunan kepada 13 anak yatim dan piatu
Ditambaahkan oleh Plt. Sekda Kota Tegal, Dyah Kemala Sintha, SH. MH. Bahwa Selain acara buka bersama, Pemerintah Kota Tegal juga melakukan serangkaian kegiatan selama bulan Ramadan tahun 1438 Hijriah antara lain kegiatan buka bersama warga masyarakat dengan walikota Tegal yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Se Wilayah Kota Tegal, kegiatan mendongeng buka bersama dan sholat maghrib berjamaah dengan anak anak yatim piatu se wilayah Kota Tegal, kegiatan buka bersama dengan warga binaan lembaga pemasyarakatan Kota Tegal.
Juga kegiatan buka bersama dengan PWI serta insan media, kegiatan tarawih dan silaturahmi Walikota Tegal ke Masjid dan Mushola di wilayah Kota Tegal sebanyak 20 lokasi, pemberian takjil di beberapa tempat di wilayah Kota Tegal dan di Stasiun Kota Tegal, buka bersama dengan tenaga kebersihan, penyapu jalan serta warga di rusunawa, kegiatan pemberian paket sembako bagi penyapu jalan dan penyandang masalah kesejahteraan sosial 750 orang, pemberian bantuan jasa tenaga keagamaan dan guru ngaji 450 orang untuk 5 bulan, guru TPQ 604 orang untuk 5 bulan, guru madrasah diniyah sebanyak 450 orang 5 bulan , modin lebe sebanyak 126 orang juga untuk 5 bulan.
Dalam tausiah nya oleh Drs. H. Saefudin Zuhri yang menerangkan tentang Satu amalan khusus pada Ramadhan yang tidak dijumpai pada bulan-bulan lainnya adalah puasa Ramadhan. Karenanya Ramadhan juga disebut sebagai Syahrush Shiyam, “Puasa itu salah satu sebab terbesar menuju ketaqwaan. Karena orang yang berpuasa telah melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya, sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Baqarah : 183
Acara dilanjutkan dengan buka bersama dan sholat Maghrib berjamaah.

IKLAN

Arsip Berita