Home » » TEGAL RESMI MENUTUP TMMD SENGKUYUNG TAHAP I TAHUN 2017

TEGAL RESMI MENUTUP TMMD SENGKUYUNG TAHAP I TAHUN 2017

Written By Media Rakyat on Tuesday, 9 May 2017 | 12:53:00



TEGAL-(Media Rakyat). Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Kav. Kristiyanto secara resmi menutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahap I di Kelurahan Muarareja Kota Tegal. Penutupan dilaksanakan melalui upacara penutupan yang ditandai dengan, pemukulan kentongan  ,penandatangan prasasti serta penyerahan naskah hasil TMMD kepada Walikota Tegal yang diwakili Wakil Walikota H.M Nursoleh di Pantai Muarareja Kota Tegal. Kamis (4/5/17/).
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Kav.Kristiyanto saat membacakan sambutan Penanggung Jawab Operasioal (PJO) TMMD ke 98 tahun 2017 Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono mengatakan kebersaaam yang ditunjukan dalam pelaksanaan TMMD semoga menjadi repleksi dari kemanunggalan yang hakiki antar komponen bangsa untuk mengatasi berbagai persoalan dalam rangka menigkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Kebersamaan ini lah yang merupakan repleksi hakekat dari kemunaggalan TNI bersama rakyat  yang merupakan roh perjuangan bangsa yang akan terus dibangun dan dipelihara guna menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang untuk pertanahan negara yang bersifat semesta sebagai ciri khas negara Indonesia yang mengedepankan keterpadaun TNI dan rakyat”,ucapnya. “Apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada Walikota Tegal beserta semua pihak yang telah bahu membahu saling mendukung kegiatan TMMD sehingga dapat terselenggara dengan aman dan lancar”,imbuhnya.
Disampaikan Kristiyanto, mulai tahun 2017 pelaksanaan TMMD yang semula hanya dua kali dalam setahun akan ditambah menjadi tiga kali dalam setahun.  Hal ini dikatakan Kristiyanto sebagai bentuk kepedulain TNI dalam mambantu meningkatkan akselerasi pembangunan diwiliyah yang sulit terjangkau, juga untuk melestarikan budaya luhur yang menjadi makna inti pancasila yaitu gotong royong. “Melalui gotong royong diharapkan segenap masyarakat semakin membentengi diri dari potensi disitegrasi yang dipicu sentimen perbedaan dan sikap intolernasi”,ujarnya.  
Bertindak sebagai Perwira Pelaksana TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2017 Danramil 01/Tegal Barat Kodim 0712/Tegal Shokib Setiyadi dalam laporanya mengatakan TMMD Tahap I Tahun Anggaran 2017 dilaksanakan berdasarkan ST Danrem 071/WK Nomor STR /27/2017 Tanggal  16 Maret 2017 tentang Perintah Melaksanakan TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2017.
Latar belakang dilakukannya TMMD Sengkuyung Tahap I yang dilakukan di Kelurahan Muarareja dikarenakan adanya jalan yang belum di paving karena terbatasnya swadaya masyarakat. Adapun yang menjadi sasaran fisik dalam pelaksanaan TMMD kali ini meliputi peninggian dan paving dengan Panjang 556.5 meter, lebar 1.3 meter, tinggi 0.13 meter. Selain itu peninggian dan paving ukuran panjang 120 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 0.13 meter.
Sasaran lainnya berupa pemasangan saluran buis beton dan pengecoran dengan ukuran panjang 187.5 meter, lebar 0.30 meter dan tinggi 0.31 meter. Untuk sasaran non fisik adalah penyuluhan tentang TMMD, penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan kenakalan remaja, dan bahaya narkoba, penyuluhan kesehatan serta penyuluhan pemberdayaan masyarakat.
Kegiatan yang dilaksanakan satu bulan dimulai dari tanggal 5 April - 4 Mei 2017 ini melibatkan 110 orang yang terdiri dari unsur TNI 40 orang, Teknisi PU 5 orang, Linmas 10 orang, Korpri 5 orang, serta Masyarakat 50 orang.  Adapun dana yang digunakan bersumber dari APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp.167.200.000,- serta APBD Kota Tegal sebesar Rp.100.000.000,-. (Daryani/MR/99).


IKLAN

Arsip Berita