Home » » PENDIDIKAN KARAKTER, BENTENG SISWA HADAPI ANCAMAN DAN BAHAYA NARKOBA

PENDIDIKAN KARAKTER, BENTENG SISWA HADAPI ANCAMAN DAN BAHAYA NARKOBA

Written By Media Rakyat on Sunday, 28 May 2017 | 22:41:00



TEGAL – (Media Rakyat). Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno mengajak siswa siswi SMA/SMK se Kota Tegal untuk selalu membentengi diri dari berbagai ancaman dan bahaya yang ditimbulkan Narkoba. Hal itu disampaikan walikota saat menjadi keynotespeakear dalam seminar Pendidikan Karakter Pancasila yang diselenggarakan oleh DPD Gerakan Bela Negara (GBN) Kota Tegal di Gedung Eks Samsat. Rabu. (17/5). Seminar yang diikitu oleh 200 orang siswa serta 100 orang guru se Kota Tegal ini mengambil tema “Pancasila sebagai Norma Etik Berbangsa dan Bernegara”.
Walikota mengatakan pendidikan karakter merupakan bagian terpenting untuk memajukan kesempurnaan hidup anak sebagai generasi penerus bangsa guna memunculkan karakter kuat, jujur serta berakhlak mulia. Untuk mewujudkan itu, nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila harus menjadi bagian dari norma etik berbangsa dan bernegara dalam kehidupan generasi muda. 
Sebagai generasi penerus bangsa yang masih menuntut ilmu, seorang siswa dikatakan walikota tidak perlu memikirkan hal-hal lain selain pendidikannya. “Jangan sampai pengorbanan orang tua untuk memiliki  anak yang berhasil dalam pendidikanya menjadi sia-sia”, ucapnya. Seorang anak juga harus dapat membentengi diri dari jeratan narkoba. “Anak-anak sekolah adalah target dari peredaran narkoba, tujuannya satu mengahancurkan satu generasi bangsa indonesia”,tegas walikota.
Karakter dikatakan walikota merupakan cerminan pribadi, selian itu kemajuan bangsa juga tidak lepas kemajuan pendidikan, kesehatan,ekonomi serta penaman karakter bagi masyarakatnya. Peran dunia pendidikan juga harus menjadi motor fasilitas pembangunan karakter untuk menumbuhkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya menanamkan karakter.
Karena itu walikota berharap melalui seminar ini, anak-anak sekolah dapat mengerti tentang substansi yang terkandung dalam pancasila. “Harapannya dengan karakter yang kuat, siswa mampu mampu membentengi dari berbagai tantangan serta gangguan baik dari dalam maupun dari luar”pungkas walikota.
Sementara itu Ketua DPD GBN Kota Tegal Drs.Rismono, MM mengungkapkan apresiasi serta dukunganya kepada walikota yang telah begitu peduli terhadap pendidikan di Kota Tegal. Dalam seminar tersebut pihaknya bahkan menunjukan video ketika walikota melakukan blusukan ke SMM N 17 Kota Tegal . “Ini lah salah bentuk perhatian walikota, sering melakukan blusukan ke sekolah melihat langsung kondisi dilapangan”,ucapnya.  Tidak hanya itu, dalam berbagai kesempatan walikota juga selalu mengajak anak-anak sekolah agar menjauhi segela bentuk kekerasan narkoba. “Hal ini sangat positif dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak”, pungkasnya.
Hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut Pengasuh Pondok Pesantren Tazzaka Batang Dr. KH. Anang Rizka Masyhadi,MA  serta dari Kodim 0712 Mayor Infantri Ahmad Aziz serta Motivator Tedi Kartino.  (Daryani/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita