Home » » WALIKOTA AJAK PEREMPUAN BANGUN GENERASI EMAS DALAM KELUARGA

WALIKOTA AJAK PEREMPUAN BANGUN GENERASI EMAS DALAM KELUARGA

Written By Media Rakyat on Saturday, 22 April 2017 | 14:35:00



TEGAL- (Media Rakyat). Perjuangan mengangkat harkat dan martabat perempuan yang dilakukan RA. Kartini harus dilanjutkan perempuan saat ini, salah satunya dengan menciptakan generasi emas yang tangguh dan berakhlak mulia di dalam keluarga. Hal itu diungkapkan Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno dalam sambutanya saat peringatan Upacara Peringatan Hari Kartini ke 138 di Gedung Adipura, Balaikota Tegal. Jumat (21/4).
Perjuangan yang telah dilakukan RA. Kartini merupakan sebuah perjuangan yang masih dirasakan semangatnya sampai saat ini.  Seorang RA. Kartini disebutkan walikota merupakan contoh inspirasi  bagaimana seorang seoranga Perempuan Indonesia yang berusaha ingin menunjukan pengabdian serta kiprahnya dengan menyumbangkan pemikiran dan tenaga melalui karya-karyanya kepada bangsa dan negara tanpa melupakan kodratnya sebagai ibu dalam sebuah keluarga.
Walikota menjelaskan sebagai sesama Warga Negara Indonesia , perempuan saat ini telah mempunyai hak yang sama dengan laki-laki  dalam partisipasinya di kehidupan berbagsa dan bernegara. Kiprah yang sudah dapat dilakukan perempuan Indonesia saat tidak lain merupakan hasil perjuangan RA.Kartini.
“Namun yang perlu digaris bawahi, Kartini saat ini adalah perempuan yang mampu menunjukan eksistensinya di berbagai aspek kehidupan namun tidak melupakan kodratnya sebagai ibu yang harus mengayomi dan mendidik serta menjadi agen pemersatu keluarga”,ucap walikota.  “Ini esensi yang harus perempuan pahami dalam  meneruskan serta menjunjung perjuangan RA.Kartini di era kemerdekaan saat ini”,imbuhnya
Selain mengajak untuk memahami esensi perjuangan RA. Kartini, dalam kesempatan itu juga walikota mengajak kepada masyarakat Kota Tegal untuk menghentikan berbagai tindak kekerasan terhadap wanita dan anak.   “Kita ingin menciptakan generasi Indonesia emas yang cerdas dan berakhlak baik dari perempuan-perempuan dan Ibu yang memiliki semangat RA. Kartini”, kata walikota.  “Jangan lagi ada kekerasan fisik dan mental terhadap perempuan dan anak”,tegasnya.
Sementara itu Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini Dewi Umaroh, S.Psi mengatakan tujuan diadakanya peringatan Hari Kartini adalah untuk mengenang serta melanjutkan cita-cita dan perjuangan RA Kartini dalam memajukan kaum perempuan di Indonesia. Adapun tema pada peringatan Hari Kartini tahun ini yakni  “Dengan Semangat Kartini, Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga Dalam Mewujudkan Generasi yang Tangguh dan Berakhlak Mulia”.
Dewi menambahkan dalam peringatan Hari Kartini tahun ini, selain upacara Hari Kartini, pihaknya juga telah melakukan kegiatan lainnya seperti kegiatan Anjangsana dengan membagikan paket sembako ke perempuan lanjut usia yang tidak mampu di 24 titik yang tersebar di wliayah Kecamatan Tegal Timur dan Tegal Barat  pada tanggal 19 April. Tidak hanya itu, Panitia Peringatan Hari Kartini juga saat ini tengah menyiapkan kegiatan Seminar Perempuan dengan tema “Pendekatan Motivasi Dalam Membentuk Keluarga berkualitas yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 April mendatang.
Dewi berharap, dengan adanya seminar tersebut para perempuan di Kota Tegal akan semakin tahu dan memahami, mengenai pentingnya peran mereka dalam membentuk sebuah generasi yang unggul dalam sebuah keluarga.  (Daryani/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita