Home » » TINGKATKAN KEDEKATAN DENGAN ANAK, WALIKOTA GAGAS GERAKAN 1821

TINGKATKAN KEDEKATAN DENGAN ANAK, WALIKOTA GAGAS GERAKAN 1821

Written By Media Rakyat on Wednesday, 12 April 2017 | 12:46:00

TEGAL- (Media Rakyat). Pemerintah Kota Tegal terus membuat gebrakan untuk mewujudkan anak di Kota Tegal menjadi anak-anak yang cerdas. Salah satu gebrakan Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno adalah gerakan 1821 yang digagas hari ini, Minggu (9/4) di Alun-alun Kota Tegal.
Gerakan tersebut disampaikan Walikota saat membuka kegiatan story telling dan lomba mading dalam rangka hari ulang tahun Kota Tegal ke-437 yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal. Kegiatan tersebut bertema Dengan Lomba Bercerita Dan Lomba Majalah Dinding Kita Wujudkan Kota Tegal Yang Gemar Membaca Untuk Membangun Karakter Bangsa
Walikota mengatakan diadakannya lomba bercerita dan majalah dinding diharapkan agar anak-anak, ibu dan warga masyarakat senang bercerita dirumah. Dengan bercerita anak dapat semakin cerdas. Kemudian ketika anak dibacakan cerita oleh ibu maupun guru di sekolah, maka akan ada ikatan emosional yang kuat antara ibu dan anak maupun anak dan guru semakin dekat.
“Orang tua akan semakin sayang dengan anaknya dan semakin dekat dengan anaknya,” kata Walikota
Mudah-mudahan setelah kegiatan ini, Kata Walikota, gerakan 1821 dapat terwujud.  Gerakan 1821 adalah himbauan kepada para orang tua untuk berinteraksi , bersama dengan anak-anak selama 3 jam, yaitu mulai pukul 18.00 – 21.00. “Pada saat jam 18.00 kita mulai dulu matikan televisi, handphone, radio kemudian mulai dengan 3B, belajar, bermain dengan anak-anak dan bercerita,” imbuh  Walikota
Dalam kesempatan tersebut Walikota memberikan kesempatan ibu teladan untuk membagikan kiat sukses dalam melaksanakan gerakan 1821. Sebut saja Ibu Fifi yang datang mengajak putranya yang masih duduk di kelas VI Haidar Rafi dan balita yang masih berusia 3 tahun.
 Fifi mengatakan dirinya sudah melakukan 3B pada pukul 18.00 – 21.00. Dia mengajak anaknya  bercerita sambil belajar. Dengan menggunakan model bercerita, materi yang disampaikan mudah dipahami. “Mata pelajaran di sekolah dirubah dalam bentuk cerita agar mudah dipahami,”kata Fifi
Selain menggagas 1821, Walikota Tegal juga memberikan tabungan kepada Haidar sebesar Rp. 1 juta  dan lima buah sepeda untuk anak-anak yang tampil dipanggung bersama Walikota Tegal.
Sementara itu, Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Sekda Kota Tegal  Dyah Kemala Sintha, jajaran OPD, Camat, Lurah, kak Tedi dari Kampung Dongeng Tegal, ratusan pengunjung dari anak-anak hingga dewasa yang antusias mengikuti kegiatan tersebut. (Daryani/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita