Home » » WALIKOTA AJAK MASYARAKAT GEMAR KONSUMSI BUAH DAN SAYUR

WALIKOTA AJAK MASYARAKAT GEMAR KONSUMSI BUAH DAN SAYUR

Written By Media Rakyat on Thursday, 2 March 2017 | 13:53:00



TEGAL – (Media Rakyat). Keberhasilan pembangunan ditentukan oleh keberhasilan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sehat dan cerdas dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang serta menerapkan pola hidup bersih sehat. Hal itu diungkapkan Walikota Tegal dalam kegiatan Walikota Menyapa di Radio Sebayu yang membahas Hari Gizi Nasional dan Hari Peduli Sampah Nasional. Selasa (28/2)
Walikota mengatakan penaganan masalah gizi tidak hanya menajadi tanggung jawab pemerintah namun peran serta masyarakat melalui keluarga mutlak diperlukan. “Sangat penting dalam keseharian dikeluarga untuk mengkonsumsi makanan yang  bergizi yang seimbang, melalui gemar mengkonsumsi  sayur dan buah,” ungkapnya.   
Untuk mewujudkan langkah itu diungkapkan walikota, Pemerintah Kota Tegal saat telah  mengadakan sosialisasi ke masyarakat melalui kegiatan Posyandu, PKK dan  memasukan unsur edukasi di setiap sekolah terkait penting nya untuk mengkonsumsi makan yang bergizi seimbang dengan selalu melengkapi menu makanan  sehari-hari dengan buah dan sayur.  
Selain langkah tersebut diatas Pemkot Tegal melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak dan Perempuan Kota Tegal juga telah melaksanakan Program Pemberian Makanan Tambahan bagi 20 SD/MI baik negeri maupaun swasta di Kota Tegal sebanayk 24 kali dalam setahun.
Adapun salah satu tujuan dilakukan pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah  disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Suharjo karena berdasarkan survey yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Tegal banyak anak usia sekolah di Kota Tegal yang menderita Anemi  atau kekurangan  zat besi yang gejalanya ditandai dengan  lemah, letih, lesu,serta  sering mangantuk. “Pemberian makanan tambahan salah satunya adalah untuk mencegah hal itu terjadi”,ungkapnya.  
Tidak hanya mengajak masyarakat untuk gemar mengkonsumsi buah dan sayur dalam kegiatan tersebut untuk mendukung gerakan peduli sampah nasional,  walikota juga mangajak masyarakat Kota Tegal untuk membudayakan membuang sampah pada tempatnya serta menjaga lingkungan dengan tidak membakar sampah di sekitar pemukiman.






IKLAN

Arsip Berita