Home » » BEGINI CARA DEBI ATASI MINAT BACA PESERTA DIDIK

BEGINI CARA DEBI ATASI MINAT BACA PESERTA DIDIK

Written By Media Rakyat on Monday, 20 March 2017 | 11:27:00


Debi saat bercerita di depan audiens

TEGAL- (Media Rakyat). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal menggelar bimbingan teknis tutor kejar paket. Hadir dalam kegiatan tersebut 50 tutor PKBM di sekolah kejar paket se-Kota Tegal.
Kepala Dinas Disdikbud melalui Kasi Kurikulum dan Penjaminan Mutu Pendidikan Non Formal, Senantiasa Haem mengatakan bimbingan teknis diikuti oleh tutor yang mengajar di PKBM. Kegiatan ini dimaksudkan  agar tutor mengetahui  perkembangan kurikulum terbaru, bagaimana model pembelajaran  yang terbaru. "Jadi dalam mengajar nantinya sesuai dengan kurikulum terbaru", pungkasnya singkat.
Sementara itu, salah satu peserta bintek Debi, membagikan pengalaman ketika mengajar kepada peseta didik. Ia memberikan kiat-kiat kepada peserta lain, bagaimana cara dia dalam mengajar.
Debi mengatakan bahwa  minat baca anak sangat rendah. Ketika ada soal baru mereka membaca. Untuk mensiasati agar anak didik mau membaca maka perlu diberikan soal.
"Setiap ada pertemuan maka diberikan soal, dimaksudkan agar mereka mau membaca", ungkap Debi selaku tutor PKBM Ina Harapan, Pesurungan Kidul
Debi juga membagikan pengalaman  ketika memberikan pembelajaran mengenai uang. Dengan menggunakan uang kertas tahun emisi lama, Ia mengajarkan uang kartal yang berupa  uang kertas dan uang logam.
Diceritakan  maksud menggunakan uang emisi lama agar  anak akan tertarik sebab jika menggunakan  uang sekarang akan bosan. "Maka cari sesuatu yang beda, misalnya dengan menggunakan uang model lama", Pungkas Debi. (Daryani/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita