Home » » 2230 GURU IKUTI PEMBINAAN DAN SOSILIASI PERSIAPAN UJIAN NASIONAL

2230 GURU IKUTI PEMBINAAN DAN SOSILIASI PERSIAPAN UJIAN NASIONAL

Written By Media Rakyat on Wednesday, 1 March 2017 | 01:41:00



TEGAL – (Media Rakyat). Sebanyak 2230 guru dari tingkat PAUD hingga SMA se Kota Tegal mengikuti kegiatan Pembinaan Guru dan Sosialisasi Persiapan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan  Kebudayaan Kota Tegal di Gedung Nusa Bahari. Selasa (28/2).  Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemkot Tegal guna untuk menyatukan persepsi  semua guru di Kota Tegal untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Tegal.
Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno dalam sambutanya mengatakan posisi guru merupakan komponen penting dalam keberhasilan penyelenggaraan pendidikan formal di sekolah. “ Seorang  guru menjadi kunci utama keberhasilan pendidikan,”ucapnya.
Diungkapkan walikota, dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah tahun pelajaran 2016 /2017, seluruh komponen masyarakat dapat bersama-sama mendukung kelancaran dan keberhasilan kegiatan ini.  Menurutnya keberhasilan kinerja dalam penyelenggaraan UN dan US dapat diperhitungkan dan dilihat hasilnya melalui tingkat kelulusan siswa pada ujian akhir. “Sebaik apapun persiapan yang telah dilakukan oleh dinas pendidikan dan pihak sekolah tidak akan ada artinya jika tidak didukung oleh support orang tua dan masyarakat,” ujarnya.
Kepada guru yang hadir walikota menegaskan bahwa UN  harus dimaknai sebagai proses latihan dan ujian integritas.  Bukan hanya sekedar penilaian terhadap kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu, namun UN harus menjadi proses pembelajaran dan  bukan sebaliknya, belajar untuk UN. Oleh karena itu walikota mengajak semua pihak yang terlibat dalam UN untuk jujur.  
Walikota berpesan agar para guru dapat mewujudkan anak didik yang cerdas, tangguh,  berkarakter,   berdaya   saing,   beraklak mulia sehingga dapat bermanfaat dan berguna bangi bangsa dan negara. “Jangan semata-mata untuk meluluskan peserta 100%, ibu-bapak rela menghalalkan segala cara, melanggar aturan dan mengabaikan norma-norma,”ucapnya.
Selain melakukan pembinaan kepada guru, dalam kesempatan itu juga walikota berkesempatan menyerahkan sertifikat pendidik yang dilakukan secara simbolis kepada tiga orang perwakilan guru  yang disaksikan Plt. Sekretaris Daerah Kota Tegal Dyah Kemala Shinta, SH.MH dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kbudayaan Kota Tegal Drs. Johardi, MM. (Daryani/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita