Home » , » WALIKOTA HADIRI PERAYAAN KIRAB TAO PE KONG DI KOTA TEGAL

WALIKOTA HADIRI PERAYAAN KIRAB TAO PE KONG DI KOTA TEGAL

Written By Media Rakyat on Sunday, 19 February 2017 | 22:41:00



TEGAL- (Media Rakyat). Menyambut hari raya Yuan Xiao atau lebih dikenal hari raya Cap Go Meh yang jatuh pada hari ke lima belas setelah tahun baru Imlek,  Kelenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal mengadakan kirab gotong Tao Pe Kong.  Jumat (10/2) siang.
Sekitar Pkl 14.00, satu per satu dewa di gotong menggunakan tandu keluar dari dari kelenteng Tek Hay Kiong menuju pelabuhan Tegal untuk melaksanakan sembahyang pantai atau sembahyang kepada dewa Tuan Rumah Tek Hay Kiong yakni Kongco Kwee Lak Kwa.
Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno yang ikut menyaksikan jalanya perayaan kirab mengatakan,  akan selalu mendukung kesuksesan dan kelancaran kirab gotong Tao Pe Kong.  Dirinya juga mengajak segenap elemen masyarakat di Kota Tegal yang menyaksikan dan mengikuti kegiatan kirab agar selalu menjaga ketertiban dan penuh kewaspadaan.  
Walikota berharap kegiatan kirab gotong Tao Pe Kong  yang setiap tahun dirayakan dapat berjalan lebih baik. Selain sebagai kegiatan keagamaan, disampaikan walikota ajang ini diharapkan dapat menjadi daya tarik untuk menarik wisatawan datang ke Kota Tegal.  “Jadikan momen perayaan ini berjalan tertib sehingga bisa menjadi ajang untuk menarik wisatawan datang ke Kota Tegal,”ujarnya.
Kirab yang berlangsung selama dua hari ini tidak hanya menarik bagi warga etnis Tionghoa, tampak warga lokal antusias menyaksikan prosesi gotong Tao Pe Kong yang dilakukan di sepanjang rute perayaan di Jalan Veteran, dan Jalan Akhmad Yani Kota Tegal.  (Daryani/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita