Home » » KOTA TEGAL KOMITMEN TINGKATKAN PENERIMAAN DAERAH DARI SEKTOR PAJAK

KOTA TEGAL KOMITMEN TINGKATKAN PENERIMAAN DAERAH DARI SEKTOR PAJAK

Written By Media Rakyat on Tuesday, 21 February 2017 | 20:08:00



YOGYAKARTA- (Media Rakyat). Kota Tegal akan segera meningkatkan penerimaan daerah dari sektor pajak melalui mekanisme pemungutan pajak berbasis on line. Hal itu diungkapkan Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha  Soeparno saat menghadiri Sosialisasi Kebijakan Pengelolaan Transfer Dana ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2017 dan Knowledge Sharing Keberhasilan Kepala Daerah yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan  (Kemenkeu) Republik Indonesia di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta. Senin (20/2).  
Diungkapkan Walikota, sesuai dengan arahan dari Menteri Keuangan yang dibacakan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo saat membuka kegiatan sosialisasi, bahwa Pemerintah Daerah harus mampu meningkatkan pendapatan daerahnya dengan mulai menggali berbagai potensi dari sektor pajak daerah. Oleh karena itu Pemerintah Kota Tegal berkomitmen untuk mengembangkan sebuah sistem berbasis on line dalam proses pemungutan pajak agar wajib pajak tidak lagi dapat mangkir dari nilai pajak yang sudah ditentukan.
Rencana nya setiap prosentase nilai pajak yang dtanggungkan kepada wajib pajak secara sistem akan dibuat langsung masuk ke kas daerah. “Hal ini mengingat dengan sistem pemungutan pajak secara manual yang selama ini berjalan, banyak wajib pajak yang tidak menyetorkan pajak sesuai nilai yang ditentukan dengan berbagai alasan”, ungkap walikota. “Hal ini berakibat pendapatan daerah dari sektor ini belum maksimal”.imbuhnya
Sementara itu dalam kaitanya kebijakan pengelolaan transfer dana ke daerah yang saat ini akan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) diungkapkan walikota,  selama ini proses penarikan dana Pemerintah Pusat melalui KPPN bagi Kota Tegal tidak ada masalah, “Selama ini Kota Tegal tidak ada masalah dalam proses penarikan dana dari Pemerintah Pusat seperti Dana Alokasi Khusu (DAK). Dirinya mengungkapkan bahwa saat ini Kota Tegal bersama 6 daerah lain di Jawa Tengah lainnya tetap masih akan mendapatkan DAK. “Oleh Pemerintah Pusat Kota Tegal dinilai sebagai salah satu daerah yang penyerapan anggaranya baik, karena itu DAK dari pusat tetap akan diberikan ke Kota Tegal,”uncapnya.  
Sementara itu  Direktur Jenderal (Dirjen) Perimbangan Keuangan Kemenkeu RI Boediarso Teguh Widodo mengatakan tujuan diadakan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk  mengkomunikasikan  kepada  pejabat di pemerintah daerah mengenai kebijakan dan tantangan pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa tahun 2017 serta persiapan perencanaan tahun 2018. Selian itu untuk mengkomunikasikan perubahan tata cara pengalokasian penyaluran, pengelolaan dan serta pelaporan transfer dana ke daerah,  dan dana desa tahun 2017. Boediarso juga berhaarap kegiatan ini mampu mengkomunikasikan kepada pejabat pemerintah daerah terkait perlunya meningkatkan efektifitas dan efisiensi dana daerah  guna meningkatkan pelayanan dasar dan kesejahteraan masyarakat. (Daryani/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita