Home » » PERINGATAN NATAL BERSAMA UMAT KRISTIANI, BADAN KERJA SAMA GEREJA (BKSG KOTA TEGAL)

PERINGATAN NATAL BERSAMA UMAT KRISTIANI, BADAN KERJA SAMA GEREJA (BKSG KOTA TEGAL)

Written By Media Rakyat on Friday, 6 January 2017 | 14:39:00



TEGAL – (Media Rakyat). Masyarakat Kota Tegal adalah masyarakat yang majemuk terdiri dari berbagai agama, etnis, dan budaya. untuk menghadapi kemajemukan itu kita harus  membangun kebersamaan, saling menghormati, serta saling menghargai perbedaan masing-masing. kemajemukan harus disikapi dengan penuh rasa syukur. keragaman yang kita miliki harus kita terima sebagai anugerah dari Tuhan yang Maha Kuasa. dengan demikian pluralisme pada akhirnya akan mengantar agama-agama untuk kembali pada panggilan dasarnya.
Hal disampaikan oleh Walikota Tegal Ketika memberikan sambutan pada saat peringatan Natal bersama umat kristiani, Badan Kerja Sama Gereja ( BKSG Kota Tegal ) di Gereja Pantekosta di Indonesia jemaat Mahanaim, Kamis (5/1) malam.
“ Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Tegal, saya menyampaikan salam hormat dan salam bahagia kepada umat Kristiani di seluruh Kota Tegal yang merayakan Natal tahun 2016. semoga perayaan natal 2016 yang lalu membawa kebahagiaan, kedamaian, dan kesejahteraan kepada segenap umat kristiani, dan kepada kita semua, masyarakat Kota Tegal.” Ungkap Walikota
“ Saya juga bersyukur dan berterimakasih atas kerjasama semua pihak karena perayaan Natal tahun 2016 berjalan khidmat, tertib dan damai. umat Kristiani di seluruh penjuru Kota Tegal dapat merayakan ibadah dengan tenang. saya berharap suasana seperti ini terus dapat kita jaga di Kota Tegal, menuju ke kehidupan yang makin aman, makin tenteram, dan makin damai.” Imbuh Walikota.
Disampaikan oleh Walikota bahwa renungan natal yang disampaikan di gereja-gereja, mengajak umat kristiani untuk menjauhkan diri dari rasa kebencian. renungan natal yang disampaikan, juga mengajak umat kristiani untuk meningkatkan kualitas keberagamaan, sekaligus partisipasi dalam pembangunan bangsa.
“ Melalui renungan-renungan Natal saya berharap seluruh umat manusia menyadari pentingnya penerapan prinsip humanisme, pluralisme, dan toleransi, dalam mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi bersama.” Ucap Walikota.
“ Merayakan Natal bukanlah hanya sekedar kebiasaan atau tradisi semata, melainkan harus benar-benar murni pengakuan iman atas kuasa tuhan yme sehingga natal akan membawa makna bagi diri sendiri, bagi keluarga, bagi umat kristiani dan masyarakat. di sisi yang lain, perayaan natal merupakan bentuk aktualisasi iman dan kasih kepada tuhan dan sesama, melalui berbagai tugas dan pengabdian sesuai karunia dan talenta dimiliki agar dapat  saling melengkapi, menciptakan keharmonisan, saling memaafkan, membina kerukunan dan kedamaian.” Tambah Walikota.
Walikota berpesan dan menyampaikan bahwa dengan berlalunya tahun 2016 biarlah berlalu juga segala kesedihan, kepahitan, kecemasan, kebimbangan dan luka-luka di hati, biarlah segala luka-luka dan segala bentuk kesedihan kecemasan itu lenyap.
“ Biarlah semua menjadi ciptaan yang baru dalam tuhan. yang lama sudah berlalu, yang baru sudah datang.” Ucap Walikota.
“ Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati ibu/ bapak jemaat memasuki tahun 2017 ini dengan hati yang penuh semangat, penuh kekuatan, penuh percaya diri, penuh pengharapan karena Tuhan-lah yang membuat semuanya itu terjadi.” Tambah Walikota
Mengakhiri sambutan, Walikota mengajak segenap umat Kristiani di Kota Tegal untuk senantiasa mensyukuri kemajuan yang berhasil kita raih, seraya terus melakukan koreksi dan perbaikan atas banyak hal yang belum dapat kita capai. jadikanlah perayaan Natal sebagai bagian untuk membangun jiwa yang terang, sikap yang optimis, pikiran yang positif, serta semangat yang kuat untuk membangun hari esok yang lebih baik.
“ Mari kita songsong tahun 2017 dengan penuh semangat dan pengharapan. tahun 2016, alhamdulillah  telah banyak kemajuan dan prestasi yang kita raih, dan di tahun 2017 marilah kita tingkatkan kebersamaan dan kerja keras kita, untuk berbuat yang lebih baik lagi dengan mewujudkan dan peningkatan pembangunan di Kota Tegal.” Pesan Walikota mengakhiri sambutannya.
Sementara itu menurut Ketua panitia Peringatan Natal bersama umat Kristiani, Badan Kerja Sama Gereja ( BKSG Kota Tegal ) di Gereja Pantekosta di Indonesia jemaat Mahanaim, Orlin Brigita Donda mengungkapkan bahwa Acara ini diselenggarakan setiap tahun sekali yang diselenggarakan 5 hari setelah Natal tanggal 25 Desember tetapi kali ini di adakan tanggal 5 Januari 2017 karena berbagai pertimbangan  dengan jamaat rata rata dari Kota Tegal, tetapi juga ada dari luar Kota jumlah jamaat berkisar 700 sampai 800 orang untuk perayaan Natal ini.
Terkait kehadiran Walikota di acara Tersebut Orlin mengungkapkan
“ Kedatangan Walikota Tegal dalam Peringatan Natal bersama umat Kristiani, Badan Kerja Sama Gereja ( BKSG Kota Tegal ) di Gereja Pantekosta di Indonesia jemaat Mahanaim mempunyai arti penting sebagai pemersatu umat di Kota Tegal sehingga benar benar bersatu dari berbagai ragam budaya, etnis dan agama.”
Disampaikan pula oleh Orlin mengutip isi khotbah yang di bawakan oleh Pendeta. Addi S. Patriabara dari Yogyakarta bahwa Kita harus menjadi teladan, menjadi terang di tengah tengah dunia ini.
Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Badan Kerjasama Gereja-Gereja (BKSG) Kota Tegal, Pendeta. Royke Tampi, S.Th.
” Yang patut kita Syukuri, perayaan Natal sepanjang bulan Desember ini berjalan dengan aman, ini tidak lepas dari yang turut andil sehingga kami bisa merayakan perayaan natal yaitu ada dukungaan dari pemerintah setempat Khususnya Pemerintah Kota Tegal.” ucap Royke.
” Atas nama pimpinan gereja gereja di Kota Tegal menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kota Tegal yang sudah membuat kami nyaman untuk mengadakan ibadah dan perayaan Natal. Imbuh Royke. (Daryani/MR/99).

IKLAN

 

Arsip Berita