Home » » EKOWISATA MENJADI KONSEP PEMBANGUNAN TPA BOKONG SEMAR

EKOWISATA MENJADI KONSEP PEMBANGUNAN TPA BOKONG SEMAR

Written By Media Rakyat on Tuesday, 31 January 2017 | 12:24:00



TEGAL – (Media Rakyat). Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno menegaskan kembali mengenai penyelesaian permasalahan sampah di Kota Tegal. Dirinya menekankan saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal sedang membuat kajian terhadap konsep pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bokong Semar yang terletak di wilayah Kelurahan Kaligangsa.
Hal tersebut disampaikan walikota saat memantau rencana pembangunan akses jalan menuju TPA Bokong Semar Kota Tegal bersama Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal beserta sejumlah pejabat di jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait. Kamis (26/1).
Walikota mengatakan sesuai dengan hasil studi tiru yang telah dilakukan Pemkot Tegal beberapa waktu lalu di Balikpapan, pembangunan TPA Bokong Semar akan mengambil konsep ekowisata. Selain sebagai tempat pembuangan sampah, TPA Bokong Semar juga akan dimanfaatkan sebagai lokasi pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek koservasi alam, permberdayaan sosial budaya dan ekonomi masyarakat lokal serta pembelajaran dan pendidikan.
Oleh karena itu ke depan dikatakan walikota, Pemkot Tegal akan mendorong masyarakat setempat untuk mengembangkan perekonomian. “Masyarakat disekitar TPA akan kita dorong untuk menggerakan ekonomi di daerahnya, baik itu melalui pertanian, perdagangan maupun kuliner,” kata walikota.
Selain itu Pemkot juga berencana membanguan perkampungan itik terpadu disekitar akses jalan menuju TPA.  Dikatakan walikota, saat ini para peternak itik masih tersebar dibeberapa lokasi yang terpisah. “padahal jika dibuatkan perkampungan itik yang terpadu, hal ini dapat menjadi potensi wisata yang bagus untuk Kota Tegal,”terangnya.
Walikota menjelaskan dengan prestasi peternak itik yang telah menjuarai lomba tingkat nasional, sudah saatnya peternak itik Kota Tegal ditempatkan dalam satu kawasan perkampungan itik yang terpadu. Sehingga harapannya selain menjadi daerah eko wisata, daerah tersbut juga mnjadi daerah agro wisata yang menghasilkan baik bagi warga sekitar maupun Kota Tegal.
Selain meninjau akses jalan menuju TPA Bokong Semar, walikota beserta rombongan juga meninjau aset pemkot lainnya disekitar Terminal Kota Tegal untuk menginvetarisir ulang aset–aset pemkot baik berupa tanah dan bangunan dalam rangka menuju predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).(Daryani/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita