Home » » BUPATI PEMALANG RESMIKAN SIDEKEM TOP CENTER

BUPATI PEMALANG RESMIKAN SIDEKEM TOP CENTER

Written By Media Rakyat on Sunday, 29 January 2017 | 09:37:00

PEMALANG – (Media Rakyat). Sidekem TOP (Touch On Pemalang) Center diharapkan bisa menjadi pijakan yang kuat bagi pembangunan desa berbasiskan teknologi informasi dan komunikasi. Demikian diungkapkan Bupati Pemalang H. Junaedi saat meresmikan layanan Sidekem TOP Center Kabupaten Pemalang, Sabtu (21/01/2017) di pendopo Pemalang.
Bupati mengungkapkan Sidekem TOP Center memiliki makna yang sangat strategis bagi desa. Sebab saat ini pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi keniscayaan yang tidak dapat dihindari. “Apabila dapat dimanfaatkan secara tepat, teknologi informasi justru akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi setiap kegiatan manusia termasuk dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat di tingkat desa.” kata Bupati.
Menyikapi pandangan masyarakat yang kurang tepat mengenai teknologi informasi, menurut Bupati diperlukan adanya langkah-langkah inovatif untuk merubah mindset masyarakat, dari yang semula apatis menjadi masyarakat yang IT-minded. Bupati mencontohkan, perlu adanya aplikasi-aplikasi praktis yang memudahkan perangkat desa dalam melaksanakan tugas-tugas administrasi, maupun pelayanan masyarakat.
Terkait peran relawan TIK dan Pusat Pemberdayaan Informatika dan Desa (Puspindes), Bupati sangat mengapresiasi kerja keras dan inovasi relawan TIK dan Puspindes Kabupaten Pemalang dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan Sidekem TOP Center.
Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Pemalang, Rifki Jaya mengatakan kegiatan peresmian Sidekem TOP Center dimaksudkan untuk menginformasikan dan mempublikasikan Sidekem TOP Center, yang merupakan sistem informasi desa yang terintegrasi antar pemerintah desa dan pemerintah kabupaten.
Selain itu juga untuk menginformasikan serta mempublikasikan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Puspindes Kabupaten Pemalang.
Adapun tujuan kegiatan, selain untuk meresmikan, juga bertujuan untuk mempublikasikan proses integrasi sistem informasi desa Kabupaten Pemalang dalam sebuah diskusi publik, dengan para penentu kebijakan daerah dan pakar TIK dalam mengawal segala kebijakan pemerintah pada semua level, dari desa sampai kabupaten. Rifki berharap Sidekem dapat dimanfaatkan sebagai bahan kegiatan perencanaan pembangunan desa.
Dalam kegiatan yang salah satunya menghadirkan pakar teknologi informasi dan komunikasi nasional, Onno W. Purbo itu juga turut disalurkan bantuan hibah sarana dan prasarana (sarpras) pertanian dari Pemprov Jateng. Bantuan itu diserahkan oleh Gubernur yang diwakili Kepala Dispermasdesdukcapil Prov. Jateng, Sudaryanto dan diterima secara simbolis oleh Kepala Desa Penakir dan Batursari dari Kecamatan Pulosari. Dalam kesempatan itu pula, Bupati H. Junaedi menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba website desa yang diadakan oleh Puspindes beberapa waktu lalu. (Heri/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita