Home » » ADA PUNGLI, SEGERA LAPORKAN KE SABER PUNGLI

ADA PUNGLI, SEGERA LAPORKAN KE SABER PUNGLI

Written By Media Rakyat on Tuesday, 31 January 2017 | 12:18:00



TEGAL- (Media Rakyat). Terkait pungutan liar (pungli) Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno kembali menegaskan komitmenya bahwa lembaga pemerintahan harus bebas pungli yang akan memberi pengaruh buruk serta citra negatif layanan publik. Komitmen tersebut disampaikan walikota saat melakukan Dialog Interaktif Walikota Menyapa di Radio Sebayu. Senin (30/1/2017)  
Walikota mengungkapkan dengan dibentuknya Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) beberapa waktu lalu, membuktikan Pemerintah Kota Tegal serius memberantas pungli. “Ini menunjukan Pemkot Tegal konsisten dan komitmen memberantas pungli yang berdampak buruk pada layanan publik dan masyarakat,” ungkapnya
Potensi pungli dikatakan walikota berada hampir di semua sektor, namun indikasi yang sangat rawan ada di layanan publik. “Padahal untuk menciptkan good and clean governance, birokrasi tidak boleh berbelit-belit. Seorang birokrat tidak boleh mempersulit sebuah layanan, jika sebuah layanan dapat selesai dalam waktu satu jam, kenapa harus dibuat sampai berhari-hari”,ucapnya
Oleh karena itu kepada masyarakat, walikota menghimbau agar turut berperan aktif dalam upaya membersihkan praktek pungutan liar di seluruh instansi di wilayah Kota Tegal “Masyarakat jangan ikut terlibat dalam aksi pungli. Marilah saling mengawasi dan memantau, apabila ada indikasi kuat terjadi pungli segera laporkan ke unit saber pungli melalui mekanisme yang benar,”himbau walikota. 
Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tegal Henry Budianto mengatakan mendukug pembentukan Satgas Saber Pungli oleh Pemkot Tegal.  “Sebagai salah satu instansi penegak hukum, Kejaksaan siap melakukan tindakan operasi tangkap tangan seandainya ada indikasi kuat terjadinya pungli”,ucapnya.
Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat jangan melakukan tindakan menggoda aparat penegak hukum, seperti mengiming-imingi, atau berusaha menyuap yang berdampak makin suburnya praktek pungli.  “Marilah kita berkomitmen untuk merubah dan meninggalkan pola pikir yang lama yang tidak baik,” ajaknya.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Shinta, SH.MH, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tegal Letkol Marinir SB. Manurung, Unsur Kepolisian dan Jajaran OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal. (Daryani/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita