Home » » TROTOAR KHUSUS PENYANDANG CACAT DAN SENTRA KULINER AKAN SEGERA DIBANGUN DI KOTA TEGAL

TROTOAR KHUSUS PENYANDANG CACAT DAN SENTRA KULINER AKAN SEGERA DIBANGUN DI KOTA TEGAL

Written By Media Rakyat on Sunday, 25 December 2016 | 13:29:00



TEGAL- (Media Rakyat). Pemerintah Kota Tegal akan segera membangun trotoar khusus bagi penyandang cacat dan lansia serta sentra kuliner. Hal itu diungkapkan Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno saat melakukan kegiatan Monitoring Wajah Kota ke Kelurahan Mangkukusuman Kota Tegal. Jumat (23/12) Pagi.
Kepada Masyarakat yang hadir walikota mengucapkan terimakasih karena telah mendukung pembangunan di Kota Tegal sehingga Kota Tegal terus menerus meraih prestasi dan penghargaan. Salah satunya adalah Pemberian Hibah Mobil Perpustakaan Keliling dari Perpusnas RI. Dikatakan walikota hal ini menjadi salah satu prestasi yang diraih Kota Tegal mengingat dari ratusan Kab/Kota di Indonesia yang berlomba mendapatkan MPK, hanya terpilih  42 Kab/Kota salah satunya Kota Tegal. “Mobil ini diperuntukan bagi seluruh warga Kota Tegal yang gemar dan ingin membaca”,ucap walikota. Walikota bahkan mengajak para orang tua agar membawa anak-anaknya mengunjungi perpustakaan untuk mengisi liburan  sekolah seperti saat ini. 
Sementara itu dalam diskusinya dengan walikota, Ketua Lembaga Pemberdaayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Mangkukusuman M. Husni mengusulkan untuk dilakukan perbaikan trotoar di sepanjang Jalan Kartini. “Karena sudah banyak yang rusak dan tidak bisa digunakan anak-anak sekolah berjalan,  sehingga banyak yang justru memilih berjalan di bahu jalan”, ucapnya. 
Salah satu warga Mangkukusaman lainnya bu Bambang juga mengusulkan pemasangan lampu penerangan di Pemakaman Karangdawa yang selama ini belum terealisasi, selain mengusulkan itu pihaknya juga mengusulkan penyediaan air  bersih di Kelurahan Mangkukusuman yang belum teraliri jaringan PDAM.
Menjawab pertanyaan dari beberapa warga tersebut, Walikota Tegal  mengatakan Pemerintah Kota Tegal dapat memasang lampu penerangan jalan umum (PJU) selama tanah diwilayah tersebut milik Pemkot Tegal. Dikatakan walikota lampu penerangan di Pemakaman Karangdawa tetap bisa dipasang namun tidak di dalam area makam, tetapi dijalan sekitar makam yang menjadi milik Pemkot Tegal.
Terhadap usulan warga tentang perbaikan trotoar di Jalan Kartini, walikota menyampaikan semua trotoar di Kota Tegal akan dibenahi.  “Bahkan Pemkot Tegal kedepan juga akan melebarkan dan membangun trotoar khusus bagi mereka penyandang cacat dan lansia”,ucap walikota.  Namun walikota berpesan jika trotoar sudah selesai dibenahi agar tidak digunakan Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk berjualan.  “PKL akan dipindahkan ke sentra kuliner, mereka yang dipindahkan juga akan mendapat pembinaan tentang cara berjaualan yang baik,  sehingga nantinya dapat berjualan dengan baik”,kata walikota.
Menanggapi berbagai usulan yang disampaikan beberapa warga Kelurahan Mangkukusuman Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Ir. Sugiyanto, MT  mengatakan jika perbaikan trotoar sekarang ini sementara berhenti di Jalan A.Yani, maka di tahun 2017 perbaikan tersebut akan dilanjutkan sampai ke jalan didepan SMA 1 Kota Tegal dengan anggaran mencapai 7.5 Milyar. 
Selain perbaikan trotoar di tahun yang sama DPU juga akan melanjutkan pemasangan lampu PJU di titik yang belum terpasang saat ini.  “Penyediaan air bersih dengan membuat jaringan pipa-pipa baru di Tegal Timur juga menjadi fokus PDAM Kota Tegal di tahun mendatang”,pungkasnya.
Dikahir Acara walikota memberikan buku kepada Kelurahan Mangkukusuman untuk bahan bacaan warga. Selain itu walikota juga memberikan paket sembako kepada para lansia, dan bibit cabai kepada para ibu-ibu warga Kelurahan Mangkukusuman Kota Tegal. (Daryani/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita