Home » » KANIT BINMAS HIMBAU PEMUDA AGAR HATI-HATI SAAT BERMAIN SENAPAN ANGIN

KANIT BINMAS HIMBAU PEMUDA AGAR HATI-HATI SAAT BERMAIN SENAPAN ANGIN

Written By Media Rakyat on Friday, 16 December 2016 | 19:26:00

PEMALANG - (Media Rakyat). Perburuan atau berburu adalah praktik mengejar, menangkap, atau membunuh hewan liar untuk dimakan, rekreasi, perdagangan, atau memanfaatkan hasil produknya (seperti kulit, susu, gading dan lain-lain).
Hobby berburu sekarang tidak hanya diminati oleh orang-orang tua saja tetapi sudah merambah ke anak muda, banyak anak muda menggunakan senapan angin untuk melumpuhkan hewan buruannya.
Kapolsek Warungpring Polres Pemalang melalui Kanit Binmas Aiptu Bagus Albaqa menghimbau Pemuda Desa Pakembaran untuk berhati-hati dalam menggunakan senapan angin. Pasalnya diantara kelalaian yang menyebabkan kecelakaan adalah memegang senjata dengan jari masuk ke ruang pelatuk yang bisa berakibat pada kematian.
"Bagi masyarakat yang berburu menggunakan senapan angin saya himbau hati – hati. Jangan di salahgunakan," ujarnya kepada pemuda yang sedang bermain senapan angin, Senin (12/12). Menurut Kanit Binmas Polsek warungpring ini, kecelakaan dalam penggunaan senapan angin sering terjadi karena senapan angin kerap dianggap remeh sebagai mainan.
"Senapan angin bukan mainan. Senapan angin ini dianjurkan untuk digunakan oleh orang dewasa. Penyalahgunaan atau penggunaan yang ceroboh dapat menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian. Senapan angin ini berbahaya hingga radius 75 meter," ungkapnya.
Bagus juga menghimbau agar warga tidak berburu jenis hewan yang populasinya sudah langka, karena dengan membunuh hewan tersebut maka kelestarian  lingkungan hidup dapat terganggu dan berburu hewan langka merupakan suatu tindak pidana. Pasal 1 Angka 5 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya (“UU 5/1990”) dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah),” pungkasnya. (Heri/MR/99).

IKLAN

 

Arsip Berita