Home » » 750 SISWA SISWI TK PERTIWI SE-KOTA TEGAL IKUTI SENAM CUCI TANGAN

750 SISWA SISWI TK PERTIWI SE-KOTA TEGAL IKUTI SENAM CUCI TANGAN

Written By Media Rakyat on Friday, 16 December 2016 | 19:48:00



TEGAL- (Media Rakyat). Dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke -17 Dharma Wanita Persatuan Kota Tegal mengadakan kegaiatan Senam Cuci Tangan bagi siswa siswi Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi se-Kota Tegal. Kegiatan yang diikuti sedikitnya 750 anak dari 12 TK Pertiwi se-Kota Tegal di buka dengan pelepasan rangkaian balon oleh Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial Herlien Tedjo Oetami, SH, Kepala Dinas Pendidikan Drs. Johardi, MM, Serta Kepala BKD Kota Tegal Drs. Irkar Yuswan Appendi, MM di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal. Jumat (16/12).
Selain kegiatan senam cuci tangan beberapa kegiatan lainnya juga telah dilakukan Dharma Wanita Persatuan Kota Tegal dalam rangkaian peringatan HUT nya yang ke-17, diantaranya pelatihan Table Manner di Hotel Bahari Inn yang diikuti unsur pelaksana Darma Wanita se-Kota Tegal pada tanggal 16 November 2016 dan Lomba mewarnai bagi siswa siswi TK Pertiwi pada tanggal 15 Desember 2016.
Ketua Darma Wanita Persatuan Kota Tegal Debby Vioreza Indiyani dalam laporannya mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini dikarenakan cuci tangan merupakan hal yang paling dasar dan pokok untuk membentuk pola hidup besih sehat (PHBS). “Hal ini harus dimulai dari masa anak-anak sehingga bisa menjadi budaya dan merubah perilaku hidup sehat bagi anak sampai dewasa hingga berkeluarga”, ucapnya.
Sementara itu Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial Herlien Tedjo Oetami, SH mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan senam cuci tangan ini. Dikatakan walikota cuci tangan merupakan cikal bakal penerapan perilaku hidup sehat. Melalui senam cuci tangan anak-anak diajarkan untuk memulai menjaga kebersihan sejak usia emas.  “Sebab di usia emas anak-anak cepat tanggap mudah menangkap, memahani sekaligus meniru apa yang mereka lihat dan dengar dari orang sekitar di lingkungan mereka sehari-hari”, ucap walikota.
Selain baik bagi anak-anak cuci tangan juga sama pentingnya diterapkan bagi orang orang dewasa. Menurutnya kebiasaan ini tidak sulit, sehingga jika diterapkan sehari-hari akan memiliki pengaruh yang penting dalam upaya menjaga dan menerapkan perilaku hidup sehat. “Jasmani dan rohani yang sehat merupakan dambaan setiap orang, karena dengan jasmani yang sehat kita dapat melakukan berbagai kegiatan”, imbuh walikota.
Dikatakan walikota kesehatan akan terasa mahal jika seseorang mengalami sakit. Untuk itulah walikota mengajak untuk menerapkan pola hidup sehat dengan membiasakan cuci tangan 40-60 detik dibawah air mengalir sebelum dan sesudah makan, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, dan setelah bersin batuk dengan sabun yang mengandung antispetik. “Karena kebiasaan ini dapat mengurangi resiko penyakit diare sampai dengan 40 %”, pungkasnya.
Selain senam cuci tangan, dalam kegiatan tersebut Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial serta Ketua Dharma Wanita Kota Tegal juga memberikan hadiah berupa piala dan uang pembinaan bagi 6 orang anak pemenang lomba mewarnai TK Pertiwi se-Kota Tegal yang dilaksanakan sehari sebelumnya.  (Daryani/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita