Home » » WALIKOTA RESMIKAN PENCANANGAN PUBLIC SAVETY CENTER (PSC) 911

WALIKOTA RESMIKAN PENCANANGAN PUBLIC SAVETY CENTER (PSC) 911

Written By Media Rakyat on Tuesday, 22 November 2016 | 13:00:00



TEGAL- Untuk mendukung fasilitas pelayanan kesehatan yang menyentuh lapisan masyarakat terbawah Pemerintah  Kota Tegal melalui Dinas Kesehatan Kota Tegal meluncurkan program Public Savety Center (PSC) 119.  Pencanangan (PSC) 119 dilakukan oleh Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno pada kegiatan Apel Besar Hari Kesehatan Nasional Ke-52 yang di langsungkan di Halaman Dinas Kesehatan Kota Tegal. Senin (21/11).
Pencanangan ditandai dengan pemotongan rangkaian pita melati dan tumpeng yang dilakukan walikota disaksikan Plt. Kepala Dinas Kesehatan dr. Abdal Hakim Tohari, beserta seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kota Tegal. Public Savety Center (PSC) 119 merupakan program Pelayanan Kesehatan Terpadu Pemerintah Kota Tegal yang bertujuan memberikan pelayanan ke gawat daruratan medis yang terjadi di wilayah Kota Tegal secara tepat dan cepat.
Jenis pelayanan kesehatan yang dapat diperoleh masyarakat melalui program ini adalah tindakan pertolongan pertama dan rujukan kasus yang berkaitan dengan kegawatdaruratan sehari-hari dan bencana,  evakuasi pasien dari kejadian ke tempat rujukan, serta pemberian informasi kesehatan.
Dalam situasi kegawatdaruratan masyarakat dapat menghubungi nomor 119 dengan menyampaikan informasi seperti kejadian yang terjadi, gejala tanda yang dialami, lokasi kejadian, nomor telepon yang mudah dihubungi serta bantuan yang sudah diberikan kepada korban. Oleh operator 119, petugas dan ambulance terdekat akan diarahkan menuju lokasi kejadian.
Dalam sambutannya walikota mengatakan dalam pembangunan kesehatan saat ini, kita masih menghadapi tantangan yang besar seiring pertambahan penduduk dan peningkatan kesehatan. Selain itu, perbaikan mutu dan layanan adalah tantangan yang tidak dapat kita abaikan terutama menghadapi situasi ekonomi dan persaingan global.
Kesehatan adalah prioritas dan merupakan pilar utama tercapainya indeks pembangunan manusia dan kesejahteraan masyarakat. “Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tegal memberikan perhatian penuh untuk terwujudnya derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya melalui berbagai program”, ucap walikota.
Kepada insan kesehatan walikota berpesan untuk tetap berfikir dan mempertajam analisis situasi kesehatan guna menentukan langkah yang efektif dan efisien, bekerja penuh tulus ikhlas dan selalu menanamkan core believe dalam menjalankan tugas keseharian, serta memastikan bahwa upaya promotif preventif menjadi program unggulan pada sektor kesehatan dengan tetap melibatkan peran serta keluarga dan masyarakat sebagai basis pelayanan. Insan kesehatan juga harus memberikan pelayanan secara profesional dan menjujung tinggi etika profesi. “Dengan keberhasilan pelayanan promotif ini, layanan kesehatan akan semakin efektif”,pungkasnya. (Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita