Home » » TONGGAK SEJARAH KORP MARINIR ADA DI PEMALANG

TONGGAK SEJARAH KORP MARINIR ADA DI PEMALANG

Written By Media Rakyat on Tuesday, 15 November 2016 | 12:02:00

PEMALANG – (Media Rakyat). ” Pemalang merupakan tempat bersejarah bagi kami korp marinir yang berawal dari tahun 1945. ” Demikian dikatakan Komandan Korp Marinir (Dankomar) Mayor Jendral TNI (Mar) RM. Trusono, S.Mn, Minggu (13/11/2016).
Di Pendopo Kabupaten Pemalang. Menurut Dankomar, pada waktu itu ada marinir keamanan rakyat yang merupakan bagian dari Corp Armada IV Tegal, yang merupakan Corp paling lengkap dimana marinir keamanan rakyat tersebut paling besar dan dari situlah tonggak sejarah bagi korp marinir dimulai baik pada saat melawan penjajahan sampai degan operasi-operasi kemerdekaan.
Dankomar mengungkapkan, setiap tahun korp marinir disaat memperingati hari ulang tahunnya, selalu mengingat Pemalang yang penuh sejarah bagi korp marinir. Kedatangan sekitar 270 prajurit Marinir TNI Angkatan Laut di Pemalang, dibawah pimpinan Dankomar Mayjen TNI (Mar) RM. Trusono, pada hari ulang tahunya yang ke -71 adalah untuk mengenang kembali rute perjuangan prajurit Corp Mariniers (CM) Corp Armada yang merupakan emberio prajurit Korp Marinir TNI AL saat ini.
Selain berziarah ke Taman Makam Pahlawan Jayana Sureng Yuda Penggarit, tempat dimana puluhan pendiri dan pahlawan korp marinir ini dimakamkan. Kegiatan berikutnya adalah napak tilas sejauh 4.5 KM yang dilakukan oleh ratusan prajurit korp marinir dengan menggunakan pakaian khas doreng marinir serta baret ungunya, yang dimulai dari Pendopo Kecamatan Pemalang menuju ke Pendopo Kabupaten Pemalang, dengan rute menelusuri Jl. Gatot Subroto, Jl. A. Yani dan jalan Kyai Makmur dan berakhir di Pendopo Kabupaten Pemalang.
Sesampai di Pendopo Kabupaten, Dankomar Mayjen TNI (Mar) RM. Trusono dan ratusan prajuritnya diterima Bupati Pemalang beserta Istri Hj. Irna Junaedi, dan Forkopimda Kabupaten Pemalang dengan didampingi para pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten Pemalang.
Bupati Pemalang H. Junaedi, SH, MM. menyampaikan ucapkan terimakasih kepada keluarga besar korp marinir, khususnya kepada Dankomar Mayjen TNI (Mar) RM. Trusono, yang telah mengagendakan HUT marinir di Kabupaten Pemalang. Menurut Bupati, sejarah itu tidak akan terhapus. Sejarah itu pasti tercatat dan sejarah itu terukir selamanya. Menurut Bupati di Pemalang ini, banyak tercatat tempat-tempat bersejarah terakait dengan perjuangan mempertahankan kemerdekaan, dalam kesempatan itu, Bupati kembali menyampaikan bahwa dari jajaran Pemerintah Kabupaten Pemalang dan masyarakat Kabupaten Pemalang, mengapresiasi apa yang telah dilakukan Dankomar Mayjen TNI (Mar) RM. Trusono, beserta jajaran korp marinir, menurut Bupati hal ini menandakan bahwa TNI adalah milik rakyat, berjuang untuk kepentingan rakyat dan TNI khususunya keluarga besar marinir memang dicintai oleh masyarakat.
Usai menyaksikan suguhan tari kebo abang tampilan dari SMKN 1 Petarukan, di hadapan Dankomar, Bupati dan jajaran Pemerintah Kabupaten Pemalang, serta warga masyarakat, puluhan prajurit marinir, dibawah pimpinan Kapten Marinir Rudi Maruli, menampilkan atraksi olah dan gerak senjata yang sagat dinamis dengan menggunakan senjata organik SS-1 Pindad. (Heri/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita