Home » » POLRES PEMALANG GELAR OPERASI BINA WASPADA CANDI 2016

POLRES PEMALANG GELAR OPERASI BINA WASPADA CANDI 2016

Written By Media Rakyat on Friday, 4 November 2016 | 11:10:00

PEMALANG - (Media Rakyat). Dalam rangka antisipasi kelompok radikal kanan tertentu yang belum bisa menerima azas pancasila dan tetap memperjuangkan syariat islam sebagai dasar dalam berbangsa dan benegara, dimana hal tersebut merupakan harga mati yang harus tetap diperjuangkan merupakan ancaman bagi keberadaan ideologi pancasila yang selama ini dijadikan dasar negara kesatuan republik Indonesia, Polres Pemalang melaksanakan apel  Operasi Bina Waspada Candi 2016 di halaman Mapolres Pemalang. Kamis (03/11/2016).
Dalam kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pemalang AKBP Kingkin Winisuda, S.H., S.I.K dengan dihadiri pejabat Utama Polres Pemalang, para Kasat, Kapolsek jajaran serta anggota baik dari Polres maupun Polsek jajaran.
Dalam Sambutannya, Kapolres menyampaikan Wilayah Pemalang merupakan daerah yang memiliki jalur lintas padat yang menghubungkan berbagai daerah khususnya dipulau jawa dengan kondisi geografis yang tidak terlalu ekstrim sehingga memudahkan mobilisasi alat transportasi antara daerah satu dengan daerah lain untuk digunakan sebagai sarana mengirimkan barang-barang ilegal maupun untuk pelarian teroris.
Data penangkapan pelaku terorisme di wilayah Jawa tengah selama tahun 2016 sebanyak 15 (lima belas) orang, dari data tersebut diantara para pelaku yang tertangkap ada beberapa pelaku yang di tangkap di wilayah hukum polres  tetangga kita yakni di wilayah kab. Tegal sebanyak 5 (lima) orang, wilayah kab. brebes sebanyak 1 (satu) orang dan wilayah kab. banyumas sebanyak sebanyak 2 (dua) orang, untuk itu dalam rangka mewujudkan rasa aman dan tentram bagi warga masyarakat jawa tengah umumnya dan kabupaten pemalang khususnya untuk menekan penyebaran paham radikalisme, maka polda jateng terhitung mulai tanggal 01 nopember 2016 menggelar operasi kepolisian dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dengan sandi ops bina waspada.
Kapolres telah membentuk satgas di dimana satgas tersebut adalah personil khusus untuk dapatnya pelaksanaan operasi ini berhasil dengan maksimal, maka melalui arahan saya ini, masing-masing satgas agar segera berbuat dan bertindak sebagai berikut : melaksanakan pendataan orang ataupun daerah-daerah yang dianggap rawan dengan perkembangan paham radikalisme dan terorisme di daerah pemalang.
Memberikan binluh terhadap kelompok-kelompok yang rentan dan berpotensi terpengaruh paham radikalisme, memberdayakan mitra polri (pokdar kamtibmas, ormas dan pranata sosial yang ada) untuk membantu polri menjaga kamtibmas,
Mengoptimalkan kegiatan sambang/ door to door system bhabinkamtibmas dini terhadap tokoh agama, remaja masjid, santri pondok pesantren dan yayasan-yayasan agama, melakukan pembinaan terhadap mantan terorisme yang telah direhabilitasi dan keluarganya.(Heri/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita