Home » » PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE-71 TAHUN 2016

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE-71 TAHUN 2016

Written By Media Rakyat on Friday, 11 November 2016 | 01:32:00

TEGAL – (Media Rakyat). “Satukan Langkah Untuk Negeri” menjadi tema pada peringatan Hari Pahlawan Ke-71 Tahun 2016. “Tema ini mengandung pesan kepada kita semua untuk bersatu dalam kebersamaan dan persatuan untuk mewujudkan cita-cita negeri yang kita cintai ini”. Hal itu dingkapkan Kaplores Tegal Kota AKPB Firman Darmansyah, SIK saat menjadi menjadi Inpektur Upacara pada peringatan Hari Pahlawan Ke-71 Tahun 2016 di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu. Kamis (10/11)
Dalam sambutan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang dibacakannya, Firman mengatakan setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri. Oleh karena itu, setiap zaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya.Setelah Indonesia merebut kemerdekaannya, semangat kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensif, kita butuh patriotisme yang lebih positif dan progresif”.Ucapnya.
Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri. Untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini, patriotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa tanpa terperosok pada sikap anti-asing.
“Selain itu melalui Peringatan Hari Pahlawan 2016 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya, Peringatan Hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh-kembangkan Nilai-nilai Kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia”.Pungkasnya.
Usai melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Balaikota Tegal, Ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Negara Kota Tegal dan tabur bunga di Dermaga Pelabuhan Tegal menjadi kegiatan berikutnya. Bertindak sebagai inspektur Upacara saat Ziarah di Taman Makam Pahlawan Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf. Hari Santoso, S.Sos. 
Kegiatan ziarah dan tabor bunga dilaksanakan Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha, SH, Anggota Forkopimda Kota Tegal. Demikian juga perwira Polri dan TNI serta Kepala SKPD di Lingkungan Pemkot Tegal tak ketinggalan menaburkan bunga di makam-makam pahlawan.
Tabur bunga juga dilakukan di Dermaga Pelabuhan Tegal Kota oleh Anggota Forkopimda dan Plt. Sekda serta Kepala SKPD di Lingkungan Pemkot Tegal. Tabur bunga dimulai dengan upacara yang dipimpin oleh Danlanal Tegal Letkol (Mar) Sunggu Berniat Manurung di Dermaga Pelabuhan Kota Tegal. (Daryani/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita