Home » » PERINGATAN HARI PAHLAWAN 2016 : POLSEK TAMAN MENGENANG PAHLAWAN PEMALANG

PERINGATAN HARI PAHLAWAN 2016 : POLSEK TAMAN MENGENANG PAHLAWAN PEMALANG

Written By Media Rakyat on Sunday, 13 November 2016 | 11:39:00

PEMALANG - (Media Rakyat). Polsek Taman Polres Pemalang Jawa Tengah bersama perangkat desa dan warga masyarakat menggelar bakti sosial (Baksos), Jum'at (11/11/2016).
Kegiatan tersebut untuk mengeratkan silahturahmi antara jajaran Kepolisian dengan masyarakat serta jajaran perangkat desa yang ada di wilayah Kec. Taman Kab. Pemalang.
Kegiatan diawali dengan olah raga pagi bersama dan dilanjutkan dengan bersih-bersih lingkungan disekitar Mako Polsek Taman Polres Pemalang Jawa Tengah yang diikuti seluruh anggota.
Kemudian dibawah pimpinan Kapolsek Taman seluruh anggota kecuali yang dinas berangkat dari Kantor Mako Polsek Taman dengan tujuan ke salah satu Tugu bersejarah yang ada di wilayah Kec. Taman yaitu Tugu Kyai Makmur yang ada di desa Wanarejan Utara Kec. Taman Kab. Pemalang Jawa Tengah.
Saat tiba di Tugu Kyai Makmur rombongan dari Polsek Taman sudah ditunggu oleh gabungan warga masyarakat dan Perangkat Desa yang sudah siap untuk mengikuti kegiatan bakti sosial ini, selanjutnya bersama sama membersihkan lingkungan di seputar Tugu Kyai Makmur dan dilanjutkan pengecatan.
Selayang pandang tentang "KH. Makmur” adalah seorang ulama dan Bupati Pemalang ketiga yang menjabat pada masa revolusi kemerdekaan Indonesia pada awal tahun 1947.
K.H. Makmur adalah seorang pemimpin Pesantren Syalafiyah Taman di Pemalang.
beliau diangkat sebagai Bupati dalam sebuah rapat akbar rakyat di alun-alun Pemalang pada tanggal 30 Desember tahun 1946, setelah laskar Tentara Keamanan Rakyat (TKR) menangkap Bupati Pemalang sebelumnya dan menurunkannya dari jabatannya.
Pengangkatan K.H. Makmur menjadi Bupati Pemalang ditandatangani oleh Mr. Sumarman, Sekretaris Jenderal Departemen Dalam Negeri yang saat itu sedang berada di Yogyakarta.
KH. Makmur hanya menjabat ± 9½ bulan saja karena ditembak mati pada tanggal 14 Oktober 1947 oleh Belanda pada saat Agresi Militer Belanda I karena tidak mau diajak bekerjasama dengan Belanda dan kemudian dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Pagaran Pemalang.
Kemudian pada masa Bupati Slamet Haryanto Tugu dibangun ditempat dimana terjadinya penembakan oleh Belanda yaitu di jalan kereta tebu masuk blok sawah Grogolan ikut desa Wanarejan Utara Kec. Taman Kab. Pemalang Jawa Tengah yang sekarang menjadi jalan lingkar utara Pantura Pemalang. untuk keperluan memperingati Hari Pahlawan dan menghormati jasa - jasa beliau" tutur Kapolsek Taman menjelaskan.
“Kami ingin berbuat sesuatu yang bermakna bagi masyarakat. Dan wilayah Desa Wanarejan Utara menjadi pilihan kami kali ini untuk silaturahmi dan aksi peduli sosial,” tutur AKP Pranata
"Menurut rencana, kegiatan semacam ini ke depannya akan menjadi agenda rutin Polsek Taman sebagai langkah positif dan bisa mendekatkan antara Polri dengan masyarakat" tambah AKP Pranata.(Heri/MR/99).

IKLAN

 

Arsip Berita