Home » » PEMBANGUNAN KESEHATAN PREVENTIF & PROMOTIF UNTUK HADAPI TRIPLE BURDEN

PEMBANGUNAN KESEHATAN PREVENTIF & PROMOTIF UNTUK HADAPI TRIPLE BURDEN

Written By Media Rakyat on Tuesday, 15 November 2016 | 12:06:00

PEMALANG – (Media Rakyat).Tantangan kesehatan Indonesia saat ini adalah menghadapi Triple Burden. Yaitu masih tingginya penyakit infeksi dan meningkatnya penyakit tidak menular, serta munculnya kembali beberapa penyakit yang seharusnya sudah teratasi.
Menteri Kesehatan (Menkes) dr. Nila Farid Moeloek dalam sambutan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 mengatakan, untuk mengatasi Triple Burden diperlukan upaya pendekatan promotif dan preventif yang sangat efektif. Sebab pada dasarnya pencegahan penyakit menular maupun tidak menular tergantung pada perilaku individu.
Masih kata Menkes, dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang 2005-2024, telah ditetapkan bahwa pembangunan kesehatan menuju kearah pengembangan upaya kesehatan, dari yang bersifat kuratif bergerak ke preventif dan promotif. Peringatan HKN ke-52 yang mengusung tema Indonesia Cinta Sehat dengan sub tema Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat, dimaksudkan untuk membangkitkan kembali pesan-pesan kesehatan, bahwa sehat itu harus dijaga.
Sambutan Menkes tersebut dibacakan oleh Wakil Bupati Pemalang, H. Martono saat menjadi Inspektur Upacara peringatan HKN ke-52 di halaman Gedung Komete Medik (Komed), Sabtu (12/11/2016).
Upacara yang dihadiri unsur Forkopimda tersebut diikuti oleh, PNS, Korpri, Staf dan Struktural Dinkes Pemalang dan RSUD Dr. M. Ashari Pemalang, Koorsik Polres Pemalang, dan seluruh profesi kesehatan, beberapa diantaranya, Ikatan Dokter Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Sarjana Kesehatan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan.
Dalam upacara tadi pagi Wabup H. Martono bersama Kapolres Pemalang AKBP. Kinkin Winisuda, menyerahkan trophy dan piagam penghargaan kepada sejumlah pemenang lomba pada kegiatan HKN ke-52 di Kabupaten Pemalang antara lain, kepada perawat yang prestasi, dokter teladan, gizi teladan, Duta Lingkkungan Sehat STBM dan juara Lomba Desa PHBS, serta penghargaan kepada juara 1,2 dan 3 Kategori Natural Leader, yakni Kades Pesantren Kecamatan Ulujami, Sri Rokhmawati, Kades Temuireng Kecamatan Petarukan, Sugeng Rohadi dan seorang Kader Kesehatan Ernawati.(Heri/MR/99).

IKLAN

 

Arsip Berita