Home » » LAUNCHING BIAS DI SD AL IRSYAD KOTA TEGAL

LAUNCHING BIAS DI SD AL IRSYAD KOTA TEGAL

Written By Media Rakyat on Tuesday, 8 November 2016 | 18:27:00

TEGAL – (Media Rakyat). Seperti sudah menjadi kebiasaan, kehadiran Walikota Tegal KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno disambut meriah, kali ini giliran SD Al Irsyad yang beralamat di Jl. Gajah Mada No. 108 Tegal dikunjungi Walikota Tegal dalam rangka Launcing Bulan Imunsasi Anak Sekolah (BIAS), Selasa, (8/11) di SD Al Irsyad.
“ Bunda Minta Salaman dong.” Sergah salah satu anak yang begitu senang dan penuh semangat menyambut kehadiran Walikota, dengan ramah Walikota menyalami satu persatu anak anak yang sudah berjejer rapi dan siap menyambut Walikota , tak ketinggalan pula para guru, terutama Ibu Guru, termasuk juga ibu ibu yang terlihat mengantarkan anak nya sekolah dan tentunya ingin melihat proses Imunisas.
Dalam laporan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr. Abdal Hakim Tohari, Sp.RM, MMR menyebutkan dasar pelaksanaan launching bulan imunisasi anak sekolah (BIAS) DT/Td se- Kota Tegal tahun 2016 adalah petunjuk teknis pelaksanaan Bulan imunisasi Anak Sekolah, Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan DPA Dinas Kesehatan Kota Tegal tahun anggaran 2016.
Pelaksanaan BIAS DT/Td bagi anak kelas 1, 2 dan 3 secara road show di Kota Tegal dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 23 November 2-16 , dengan sasaran sebanyak 14. 911 siswa kelas 1, 2 dan 3 yang tersebar di 159 SD/ MI se Kota Tegal dan untuk sasaran BIAS DT/Td murid SD Al Irsyad sebanyak 244 siswa. 
Hadir dalam acara tersebut, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr. Abdal Hakim Tohari, Sp.RM, MMR, Kepala bidang Pelayanan Kesehatan, DR. dr. Suharjo, MM, Kepala bidang P3PL, Wiwin Agustiyanti. SH, Camat Tegal Barat, Sri Widiati, Kepala Puskesmas Debong Lor, Drg. Trisuli Jamhari, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tegal Barat, Sulistyorini, Ketua Yayasan Al Irsyad Husein Afif dan segenap guru serta Tim Monitoring Pelaksanaan Bias DT/ Td.
Dalam sambutan Walikota Tegal mengungkapkan “ Imunisasi merupakan salah satu upaya preventif untuk mencegah penyakit melalui pemberian kekebalan tubuh yang diberikan secara terus menerus, menyeluruh dan dilaksanakan sesui standar sehingga mampu memberikan perlindungan kesehatan dan memutus mata rantai penularan penyakit.”
“ Guna mendukung dan mempercepat menurunkan kematian, kesakitan dan kecacatan yang disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) yakni Difteri, Pertusis,Tetanus, Tuberculosis, Campak, Poliomyelitis, dan Hepatitis B, serta mencegah kejadian kasus kasus penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi (PD3I), maka di sekolah sekolah Dasar/MI se-Kota Tegal pada bulan November 2016 secara road show dilaksanakan BIAS jenis vaksin DT/Td.” Tambah Walikota
Sesaat setelah membuka dan melaunching BIAS Dt/Td se Kota Tegal di SD Al Irsyad Kota Tegal, Walikota juga memberikan tablet obat cacing, diawali dengan memberikan contoh cara minum, mengunyah dan menelan obatnya “ Begini Caranya, setelah dibuka tabletnya langsung dimasukan dalam mulut, kemudian dikunyah terus telan dibantu air minum” Praktek Walikota di depan anak anak.
Satu persatu perwakilan murid SD Al Irsyad yang juga merupakan Dokter kecil mendapat obat cacing dari Walikota, sesekali Walikota Sebelum memberikan tablet obat cacing mengatakan “ anak anak mau menjadi apa.” Tanya Walikota, “Mau menjadi dokter” jawab salah satu anak, dan langsung dijawab Walikota “ Hebat, pintar kamu nak.”
Obat cacing diberikan kepada siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 dalam rangka mencegah kecacingan pada anak.
Walikota juga menyaksikan langsung proses vaksinasi pada anak anak SD Al Irsyad
“ Sini nak Bunda Peluk.” Ajak Walikota Tegal memberikan semangat pada anak anak yang akan mendapatkan suntikan imunisasi oleh petugas kesehatan yang sudah siap dengan jarum suntik berisikan vaksin.( Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita