Home » » KEMENTERIAN SOSIAL LUNCURKAN DUA E- WARONG DI KOTA TEGAL

KEMENTERIAN SOSIAL LUNCURKAN DUA E- WARONG DI KOTA TEGAL

Written By Media Rakyat on Wednesday, 2 November 2016 | 03:39:00

TEGAL- (Media Rakyat). Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan dua Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong Gotong Royong ) Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Tegal. Sabtu (29/10).
Peluncuran E-Warong ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Penanggulangan Kemiskinan Kemensos Andi ZA Dulung di kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur dan Kelurahan Tunon Kecamatan Tegal Selatan. Hadir dalam peluncuran Tersebut Direktur Pengembangan Bisnis dan Indutri Perum Bulog Imam Subowo, CEO BNI Willayah Semarang Eben Ezer Nainggolan, Plt. Sekretaris Daerah Kota Tegal beserta Jajaran Pemerintah Kota Tegal.
Direktur Penanganan Fakir Miskin Perkotaan Direktorat Penanggulangan Kemiskinan Kemensos Mumu Suherlan mengatakan peluncuran E-Warong Kube PKH merupakan tindak lanjut dari Kemensos untuk mengentaskan kemiskinan bagi peserta KUBE dan PKH di Kota Tegal melalui sinergi dengan Bulog dan BNI. 
Selain pembentukan E-Warong  adalah untuk menyediakan tempat pemasaran produk-produk  KUBE serta  menyediakan kebutuhan usaha dan kebutuhan  pokok sehari-hari  bagi anggota KUBE dan PKH.  Selain itu keberadaan E-Warong agar penerima bantuan Raskin dapat melakukan transaski non tunai untuk memenuhi kebutuhan nya sehari-hari dengan harga murah menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
KKS juga dapat dapat digunakan untuk pencairan bantuan sosial lainnya maupun pembayaran tagihan rutin lainnya seperti tagihan listrik dan air. “Sehingga dengan adanya sistem ini penyelewengan dan tidak tepatnya sasaran terhadap bantuan sosial dapat diminimalisir”.ucap Mumu.
 Disampaikan Mumu di Kota Tegal sendiri Jumlah penerima beras raskin mencapai 11.026 KK. Sedangkan Peserta PKH tahun ini mencapai 4.445 KK. Harapannya keberadaan E-Warong  ini  kedepan akan menjadi lembaga keuangan digital atau menjadi agen pembayaran non tunai sehingga penerima manfaat bantuan tidak hanya menjadi penonton tetapi berperan dapat ikut beperan aktif dalam pengelolan bantuan sosial.   
“Penerima manfaat kedepan tidak perlu ke bank  untuk mengambil bantuan  tetapi cukup ke agen agen E-Warong  atau ke Seluruh jaringan ATM BNI yang tersebar diseluruh Indonesia”. Ucapnya.
Sementara itu Dirjen Penanganan Fakir Miskin Andi ZA Dulung mengatakan E- Warong ini adalah inovasi untuk membuat penerima PKH dan Rasta lebih cepat sejahtera. Jika selama ini para peserta PKH menerima bantuan melalui Kantor Post dengan adanya Program ini, peserta tidak perlu repot harus datang ke Kantor Post tetapi hanya perlu ke E-Warong atau ATM BNI untuk mencairkan dana bantuan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera.
“Ini adalah inovasi untuk membiasakan pesera KUBE dan PKH agar terbiasa dengan melakukan transaksi dengan menggunakan ATM”. Jelasnya. Adanya KKS penerima manfaat dapat melakukan transaksi pembayaran melalui mesin EDC yang tersedia di Agen E-Warong”.Imbuhnya
Selain untuk berbelanja E-Warong nantinya juga dapat menjadi tempat menjul barang –barang hasil usaha KUBE.  Anggota KUBE dan Peserta PKH dapat menitipkan barang jualannya di  E-Warong yang akan di beli oleh Agen E-Warong atau pun dapat menukarkan dengan barang kebutuhan pokok lainnya yang tersedia. 
Acara peluncuran disertai dengan ujijoba penarikan uang tunai di ATM BNI yang sudah disediakan menggunakan Kartu Keluarag Sejahtera (KKS) dan dilanjutkan dengan pengguntingan Pita serta uji coba transaksi beli beras, dan minyak goreng yang dilakukan  E-Warong “Cahaya Kehidupan” atas nama Kisnaeni Kelurahan Panggung Tegal Timur dan E-Warong  “Fitria Berkah Jaya” atas nama Rosita Yuli Hasni di Keluarahan Tunon Tegal Selatan.(Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita