Home » » 80 ORANG LINMAS KOTA TEGAL IKUTI PELATIHAN SAR AIR MAKO LANAL TEGAL

80 ORANG LINMAS KOTA TEGAL IKUTI PELATIHAN SAR AIR MAKO LANAL TEGAL

Written By Media Rakyat on Tuesday, 22 November 2016 | 13:15:00



TEGAL- (Media Rakyat). Sebanyak 80 orang Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dari 27 Kelurahan di Kota Tegal mengikuti Upacara Pembukaan Pelatihan Kemampuan Penyelamatan di Air (SAR AIR) Tahun 2016 yang diselenggarakan di Mako Lanal Tegal. Senin (21/11). Bertindak sebagai Inpekstur Upacara Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno secara resmi membuka pelatihan dengan menyematkan tanda peserta kepada dua orang perwakilan linmas.
Pelatihan yang diselenggarakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa Politik Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) ini akan diadakan selama tiga hari dari tanggal 21-23 November 2016. Dalam laporannya Kepala Kesbangpolinmas Drs. Suripto mengatakan pelatihan SAR AIR ini diselenggarakan sebagai upaya Pemerintah Kota Tegal untuk meningkatkan pengetahuan dan kamampuan anggota Linmas di seluruh Kelurahan di Kota Tegal dalam penanggulangan bencana alam di air. “Hal ini dikarenakan potensi kerawanan bencana di air cukup tinggi di Kota Tegal”, jelasnya.  
Sementara itu Walikota Tegal dalam sambutannya mengatakan Kota Tegal terletak di daerah pantai dengan kecekungan daratan cukup rendah di beberapa wilayah, sehingga memiliki kerawanan banjir ketika curah hujan tinggi.  Selain itu Kota Tegal juga memiliki wilayah - wilayah yang memiliki kecekungan tinggi antara lain di daerah kelurahan margadana, dan krandon. Sedangkan untuk Kelurahan Mintaragen dan Tegalsari tergolong daerah rawan bencana rob.
Walikota mengatakan bencana alam tidak bisa dlawan, namun bisa dicegah dengan merencanakan dan menyiapkan langkah–langkah mitigasi dan antisipatif yang tepat.Dengan langkah-langkah antisipasi dan mitigasi kita dapat menghindarkan diri dari bencana, atau paling tidak meminimalisir adanya korban jiwa, ternak dan harta benda”,ucapnya.  
Untuk meminimalisir resiko bencana Pemerintah Kota Tegal saat ini telah melakukan langkah-langkah mitigasi berupa pembangunan infrastruktur penahan bencana rob seperti pembangunan drainase dan pemeccah ombak. Pemerintah Kota Tegal juga telah melakukan penataan lingkungan dengan melestarikan hutan mangrove.   
Selain itu upaya mitigasi lainnya adalah penyadaran dan peningkatan kemampuan mengahadapi ancaman bencana melalui pelatihan. Oleh karena itu walikota berharap pelatihan SAR AIR ini mampu memberikan sumbangsih berupa karya bakti terbaik bagi masyarakat sehingga SAR Linmas Kota Tegal semakin professional, kompak dan terampil dalam menjalankan tugasnya. (Daryani/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita