Home » » 150 PEGAWAI PEMKOT IKUTI SEMINAR BAHAYA SERANGAN JANTUNG

150 PEGAWAI PEMKOT IKUTI SEMINAR BAHAYA SERANGAN JANTUNG

Written By Media Rakyat on Thursday, 17 November 2016 | 09:54:00



TEGAL- (Media Rakyat). Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke- 52. Panitia Peringatan Hari Kesehatan Nasional mengadakan Seminar Bahaya Serangan Jantung dan Penatalaksanaan Penyakit Jantung Koroner di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal di Gedung Adipura Balaikota Tegal. Rabu (16/11).
Seminar ini diadakan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang resiko dan faktor penyebab penyakit jantung koroner serta memahami tentang penatalaksanaan serangan jantung koroner. Dalam seminar ini peserta akan dijelaskan bagaimana menangani seandandainya menyaksikan atau menangani serangan jantung.
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal sekaligus Direktur RSUD Kardinah Dr. Abdal Hakim Thohari, SPRM.MMR mengatakan penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang mendorong angka kematian paling tinggi di Indonesia. Untuk itu perlu adanya kesadaran masyarakat untuk meminimalisir penyakit ini. Dikatakan Abdal salah satu yang beresiko terkena penyakit ini adalah orang yang memiliki ritme kerja tinggi yang menimbulkan stress, serta orang dengan rutinitas kerja berat. Selain itu  kurang olahraga, pola makan yang tidak sehat juga dapat menjadi faktor penyakit jantung koroner.  
Abdal menyampaikan RSU Kardinah sebagai rumah sakit rujukun regional di Provinsi Jawa Tengah saat ini tengah berupaya  mengembangkan pelayanan terpadu untuk penyakit jantung dan pembuluh darah. Upaya itu diantaranya dengan mendirikan fasilitas canggih berupa laboratorium kateterisasi jantung dan pembuluh darah.
“Harapannya layanan ini mampu menyediakan akses medis untuk meningkatakan kulitas pelayanan kesehatan dibidang penyakit jantung serta penyakit lainnya yang berhubungan dengna pembuluh darah dengan biaya terjangkau dan menjadi rujukan bagi masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya”, ucapnya
Sementara itu Walikota Tegal KMT Hj.  Siti Masitha Soeparno dalam sambutannya yang dibacakan Plt. Sekretaris Daerah Kota Tegal Dyah Kemala Shinta, SH. MH mengatakan Pemerintah Kota Tegal yang didukung unsur masyarakat saat ini sedang giat membangun, bekerja cerdas disiplin dan inovatif agar seluruh masyarakat merasakan kemakmuran sehingga cita-cita mewujudkan Kota Tegal yang sejahtera, bermartabat berbasis pelayanan prima dapat dicapai.
Oleh Karena itu dedikasi yang tinggi bagi Kota Tegal perlu diimbangi dengan kesehatan yang prima. “Sebab dengan fisik yang bugar akan membuat kita akan lebih fokus dan konsentrasi pada pekerjaan yang harus diselesaikan” ucap Dyah.
Oleh karena itu seminar ini penting agar kita tau bagaimana mengolah dan mengelola tubuh agar serangan jantung dapat diminimalisir. “HHhhnhxdhharapannya setelah seminar ini diadakan kita semua makin peduli dan menjaga kesehatan, karena sehat itu mahal namun sakit jauh lebih mahal dan merugikan”,pungkasnya
Seminar yang diisi oleh dr. Arbi Lizardi, Sp.Jp dan dokter Kemala Gautami Hidayah dari RSUD Kardinah ini dihadiri oleh 150 Pejabat Struktural dilingkungan Pemerintah Kota Tegal. (Daryani/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita