Home » » 100 PELAJAR DARI 33 SEKOLAH KOTA TEGAL IKUTI PENDIDIKAN POLITIK

100 PELAJAR DARI 33 SEKOLAH KOTA TEGAL IKUTI PENDIDIKAN POLITIK

Written By Media Rakyat on Friday, 25 November 2016 | 17:42:00



TEGAL- (Media Rakyat). Sedikitnya 100 pelajar dari SMA/SMK dan MAN sederajat se-Kota Tegal mengikuti Kegiatan Pendidikan Politik Bagi Pelajar Kota Tegal yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Tegal di Gedung Ex Samsat Kota Tegal. Kamis (24/11).
Kegiatan ini diselenggarakan untuk membekali para siswa agar berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan kenegaraan dan pembangunan. Selain itu untuk memberikan pemahaman tentang berpolitik kepada para pelajar sehingga menyadari hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Kesejahteraan Sosial Herlien Tedjo Oetami, SH mengatakan bahwa sosialisasi pendidikan dan wawasan politik sangat penting diberikan kepada para pelajar. “Sebab pelajar adalah sumber daya manusia, bibit unggul, dan generasi andalan yang dimiliki Indonesia, serta menjadi kekayaan negeri di masa depan”,ucapnya.
Pelajar SMA sederajat merupakan generasi muda yang mempunyai jumlah signifikan untuk mendukung aktivitas politik di negeri ini. Karena di usia sekolah menengah atas atau 17 tahun telah memiliki KTP, yang berarti para pelajar sudah memiliki kewajiban dan hak penuh sebagai warga negara, salah satunya mendukung jalannya pesta demokrasi yaitu pemilihan umum.
Walikota menambahkan bahwa keterlibatan pelajar dalam menggunakan hak suaranya di pemilu adalah bentuk penghargaan pemerintah terhadap hak asasi warga negara Indonesia. “Semua bebas mengenali, menilai dan memilih siapa kiranya yang pantas mewakili suara rakyat menjadi pemimpin/ kepala daerah/ negara dan membawa indonesia menuju masa depan yang lebih baik”,pungkasnya.
Sementara itu Kepala Kesbangpolinmas Drs. Soeripto mengatakan kegiatan ini diadakan untuk membekali para pelajar yang sekarang usianya sudah 17 tahun untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah yang bersamaan dengan Pemilihan Gubernur pada tahun 2018 dan Pemilu Presiden, serta Pemilihan Legislatif 2019 mendatang. “Sebagai pemilih pemula kita ingin membekali mereka untuk memahami demokrasi dan peran mereka dalam pesta demokrasi tersebut”.ujarnya
Untuk itu pihaknya dalam kegiatan ini mendatangkan narasumber dari berbagai unsur seperti dari Militer yakni Kasdip Kodim 0712 Mayor Inf. Yuli Setiono, Unsur Ormas Yakni Ketua Gerakan Bela Negara Tegal Rismono, dan dari Unsur Akademisi yaitu dari Fisip Universitas Pancasakti Tegal Agus Setyo. ”Para pelajar nantinya akan diberi materi berupa demokrasi, kewaspadaan terhadap bahaya radikal , Pancasila dan UUD 1945 serta Penanganan Konflik Sosial”, pungkasnya. (Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita