Home » » WALIKOTA SAMBANGI SALAH SATU TOKOH PERS KOTA TEGAL M,MACHRONI

WALIKOTA SAMBANGI SALAH SATU TOKOH PERS KOTA TEGAL M,MACHRONI

Written By Media Rakyat on Monday, 3 October 2016 | 01:54:00

TEGAL-(Media Rakyat). Walikota Tegal menyambangi  salah satu tokoh pers Kota Tegal M. Machroni (78) di kediamannya di Jalan Sultan Agung Gang Mawardi No.226 Kejambon Kota Tegal, Minggu (2/10). Selain bersilaturahmi, keduanya juga bertukar fikiran terkait peningkatan profesionalisme wartawan di Kota Tegal untuk kemajuan organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tegal.
Pertemuan kali ini adalah untuk menindaklanjuti perihal terbentuknya PWI Kota Tegal sehari sebelumnya. Dikatakan walikota dengan terbentuknya PWI Kota Tegal hal selanjutnya adalah perlunya penyediaan sarana kesekretariatan seperti yang telah disampaikan oleh Ketua PWI, M Sekhun,kemarin."Ini  untuk kemajuan PWI," ujar wali kota.
Harapannya PWI bisa menjadi wadah bagi teman-teman wartawan, sehingga ke depan, program-prgram liputan pemberitaan, jurnalistik bisa dialokasikan di PWI sebagai rumahnya wartawan. "Ke depan harus ada pencitraan yang sangat baik bagi para jurnalis apalagi sudah ada PWI sebagai wadah resmi," tuturnya.
Sementara itu Machroni mengatakan dengan terbentuknya PWI beserta kepengurusannya  hal ini  membawa angin segar bagi dunia jurnalistik di Kota Tegal. Sebab, selama beberapa tahun PWI vakum seperti mati suri. Sementara muncul beragam insan media yang ada di Kota Tegal mulai dari cetak, televisi, radio, dan online.
Berdasarkan data yang dihimpun Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah (Setda), tercatat ada lebih dari 60 pewarta yang beroperasi di Kota Tegal. "Ini tentu harus diimbangi dengan kompetensi wartawan agar bekerja lebih profesional," terangnya.
Machroni menyebut, seorang jurnalis, harus masuk dalam keanggotaan PWI, dan salah satu syaratnya adalah lulusan S1 serta sudah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh PWI.
Hal ini tentu sangat penting untuk menertibkan insan media di lapangan. "Wartawan yang lulus uji kompetensi bakal dilengkapi dengan Kartu Keanggotaan PWI/ ID CARD PWRI" tegasnya.
Machroni menjelaskan saat tugas peliputan, selain kartu pers yang dikeluarkan oleh media yang bersangkutan, wartawan juga harus bisa menunjukkan kartu keanggotaan PWI. Jika tidak punya, maka narasumber berhak menolak untuk diwawancarai. Keberadaan PWI Kota Tegal tentu sangat positif, selain menjadi rumah bagi para pewarta, organisasi ini juga dapat menjadi wadah penghubung antara insan pers dengan pemerintah Kota Tegal.
Wali kota mengungkapkan, yang paling utama dari pertemuan ini adalah silaturahmi di dalam menerima aspirasi tokoh masyarakat tokoh agama. Selain bertemu langsung dengan keluarga, melalui pertemuan juga bisa leluasa bertukar pikir. "Ini untuk menggali sesuatu yang ingin disampaikan demi kebaikan dan kemajuan Kota Tegal dan masyarakat di dalam kesejahteraan," jelasnya. Khususnya, Machroni sebagai tokoh pers  yang harus digali nasehat dan masukannya berdasarkan pengalaman yang telah didapat dari aspek profesi sebagai wartawan senior.
Di akhir pertemuan sebagai bentuk kepedulian, walikota juga memberikan tali asih bagi Machroni yang disaksikan sekretaris PWI Kota Tegal Akbar dan Keluarga Machroni.   (Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita