Home » » WALIKOTA LEPAS PAWAI ANCAK

WALIKOTA LEPAS PAWAI ANCAK

Written By Media Rakyat on Monday, 17 October 2016 | 09:55:00



TEGAL-(Media Rakyat). Rangkaian kegiatan Sedekah Laut yang diadakan di Kota Tegal Khususnya daerah Pesisir Pantai diawali dengan Pawai Ancak dengan Rute yang diambil saat pawai ancak adalah , Jl. Hang Tuah, Jl. Brigjen Katamso, memutar ke Jl. Piere Tendean kemudian kembali lagi ke KUD Karya Mina .
Walikota Tegal KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno Secara langsung mengibarkan Bendera Start Tanda dimulainya Pawai ancak dimulai, Minggu (16/10) Di depan Gedung KUD Karya Mina .
Dalam sambutannya sebelum pawai ancak dimulai Walikota Tegal menyampaikan  “persiapan sedekah laut yang rencananya akan dilaksanakan 17 Oktober 2016 , adapun hari ini adalah pawai ancak , ini adalah kepedulian dari keluarga nelayan terhadap adat istiadat, pelestarian kebudayaan khusus dengan kegiatan nelayan ini, dengan harapan bahwa sedekah laut yang senantiasa diselenggarakan ini mendapat dukungan dari pemerintah disamping itu juga menjaga budaya yang harus kita bangga karena kita senantiasa bisa melaksanakan setiap tahun , dengan harapan nelayan semakin maju, semakin sejahtera , semakin makmur .”
“ Bunda doakan mulai hari ini sampai esok semua berjalan lancar, dan pesan bunda hanya satu jaga ketertiban, jaga keamanan apalagi ibu ibu yang membawa anak anak ditempat keramaian jangan sampai ada anak kecil yang hilang”. Ungkap Walikota.
“ Acara besok untuk sedekah laut Walikota menyampaikan permohonan maaf karena ada tugas yang tidak bisa ditinggalkan dan diwakilkan namun ada gebrakan baru bahwa kapal akan dibawa sendiri oleh
Danlanal yang ada di Kota Tegal Letkol Marinir Sunggu Berniat Manurung  “ tidak perlu satu minggu atau satu bulan utuk mengenal Kota Tegal, tapi 2 hari ini saya kenal dan langsung cinta dengan Kota Tegal”
“Pendidikan di Kota Tegal Bagus, Pantainya panjang , Komoditinya dari laut sukses itu yang membuat saya Cinta Tegal.” Ungkap Manurung
Jumlah perahu nelayan yang direncanakan ikut melarung ancak berjumlah kurang lebih 75 perahu dari jenis alat tangkapnya dengan rincian perahu pursin kurang lebih 30 perahu, perahu Cantrang kurang lebih 30 perahu, Perahu Gill Net/Jaring kurang lebih 15 perahu.
Sebelum dilarung 6 ancak yang sudah di bawa keliling memutari rute yang sudah ditentukan disemayamkan di Halaman pelataran KUD Karya Mina dan ditempat itu diadakan peertunjukan Wayang golek semalam suntu dengan dalang Ki Barep dari Tegal.
6 ancak yang akan dilarung dibagi dalam 2 kelompok yaitu , 4 ancak akan dilarung di Pelabuhan Perikanan Jongor dan 2 ancak akan dilarung di Pelabuhan Besar/Timur
Menurut salah satu pengurus HNSI Kota Tegal yang juga sebagai Ketua Pelaksanaan Sedekah Laut Kota Tegal tahun 2016, H. Tasman(65) “ Pemerintah Kot Tegal sangat peduli dengan adanya acara sedekah laut ini, ini bisa dilihat dari perhatin yang turut menyumbang dana untuk rangkaian acara ini “
Tasman juga berharap “ Mudah mudahan untuk kedepan tidak ada hal hal yang dapat menggangu dan kecelakan pada saat kita melaut, rejeki dan hasil tangkap lebih meningkat.”
Diungkapkan oleh hadi salah satu panitia pawai ancak di depan KUD Karya Mina “ ucapan terima kasih dari nelayan Kota Tegal bisa membuka secara resmi pawai Ancak khusunya kepada Walikota Tegal yang disempatkan hadir ditengah kesibukannya demi menyemangati kita, menyemangati nelayan di dalam bekerja walaupun ada Peraturan Menteri tentang larangan penggunanan Alat tangkap ikan Cantrang “
Hadir dalam acara tersebut Kepala Dislatan Kota Tegal Ir. Noor Fuadi, Camat Tegal Barat,  Sri Widiati, Lurah Tegalsari, MB Budi Santosa dari Unsur PNKT , KUD Karya Mina dan HNSI Kota Tegal, serta seluruh peserta pawai ancak dan Warga masyakat yang menyaksikan. (Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita