Home » » WALIKOTA CANANGKAN GERTAK PSN SE-KOTA TEGAL

WALIKOTA CANANGKAN GERTAK PSN SE-KOTA TEGAL

Written By Media Rakyat on Sunday, 16 October 2016 | 13:07:00



TEGAL-(Media Rakyat). Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno secara resmi membuka Pencanangan Gerakan Serentak (GERTAK) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Pendopo Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Jumat (14/10). GERTAK PSN dicanangkan atas laporan tingkat tertularnya penyakit demam bedarah  di Jawa Tengah yang masih sangat tinggi.
Untuk mengantisipasi hal itu dikatakan walikota cara paling efektif adalah melalui upaya gerakan pencegahan.  Gerakan ini nantinya akan dilaksanakan oleh kader-kader kesehatan yang berjumlah 1500 orang dari unsur kesehatan, penggerak PKK, Pengurus RT/RW dan tokoh masyarakat yang telah lebih dulu dibentuk secara resmi pada kamis kamarin di Akademi Keperawatan Kota Tegal. Kader kader ini  natinya akan secara rutin mendatangi rumah-rumah warga setiap hari jumat untuk mensosialisasikan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) dan memantau tempat-tempat yang sering dijadikan sarang nyamuk.
Namun  uapaya ini tidak akan optimal jika tidak didukung tokoh masyarakat lainnya yang terkait. Oleh karena walikota mengajak tokoh masyarakat dari mulai unsur RT dan RW di setiap kelurahan agar ikut mendukung gerakan ini. “Ungkapnya.
Selain upaya diatas walikota juga menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran perilaku 3M (Meguras, Menutup dan Mengubur) yang dirasa masih sangat kurang.  Oleh karena itu pada kegiatan ini walikota juga mengajak  untuk menumbuhkan kesadaran pada masyarakat untuk hidup sehat dan hidup bersih sebagai modal untuk berkesinambungannya program Tegal Sehat, Green City, Smart City, dan Healty City.
Walikota berharap pencangan GERTAK PSN ini bisa dioptimalkan dengan menjaga lingkungan dan rumah dari berkembangnya nyamuk, “Perlu kerja keras kita untuk menyehatkan dan memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat, semoga gerakan ini bisa menjadi kebiasan dalam kehidupan masyakat untuk mewujudkan kota tegal yang sehat, maju, dan sejahtera”. Ujarnya.
Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Abdal Hakim Tohari dalam laporannya mengatakan penyelanggaraan kegiatan GERTAK PSN didasarkan pada masih rendahnya angka bebas jentik nyamuk di Kota Tegal yang baru mencapai angka 80% dari target yang  ditetapkan Jawa Tengah sebesar 94%. Oleh karena itu menurutnya upaya pencegahan yang paling efektif adalah pemberantasan sarang nyamuk dengan metode 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur), pada tempat berkembangnya nyamuk Aides Aegepty, serta melalui pemberdayaan masyarakat yang rutin dilakukan seminggu sekali.
Tujuanya untuk meningkatkan angka bebas jentik nyamuk serta kepedulian masyarakat terhadap tentang Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) khusunya pemberantasan sarang nyamuk. Selain itu untuk meningkatkan kepedulian dan motivasi pada setiap keluarga dalam melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk, mengendalikan populasi nyamuk Aedes Aegepty sehigga harapannya angka demam di Kota Tegal berkurang.
Peresmian Pencanangan GERTAK PSN dilakukan Walikota dengan menyerahkan lampu sorot serta bubuk abate secara simbolis kepada perwakilan kader kesehatan di Kecamatan Tegal Selatan yang disaksikan Plt. Dinas Kesehatan dr. Abdal Hakim Tohari, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal Johardi beserta seluruh warga yang hadir.  Selain di Debong Tengah Pencanangan GERTAK PSN juga dilakukan serentak di tiga kecamatan lainnya di Kota Tegal.(Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita