Home » » PERINGATAN SUMPAH PEMUDA “ NUSANTARA BERDENDANG ”

PERINGATAN SUMPAH PEMUDA “ NUSANTARA BERDENDANG ”

Written By Media Rakyat on Saturday, 29 October 2016 | 11:48:00

TEGAL - (Media Rakyat). Pagelaran seni dan budaya dari anak bangsa bertemakan Nusantara Berdendang dalam rangka memeringati hari sumpah pemuda yang ke-88 tahun digelar di Istana merdeka, Jumat (28/10/2016) mala. Nusantara Berdendang terdiri dari dua bagian utama pertunjukan yaitu Napak Tilas Sumpah Pemuda dan Pentas Kebudayaan, panggung yang disiapkan untuk tampilan Tari tarian ada tiga panggung.
Bertempat di halaman Istana Merdeka di sulap menjadi tempat pertunjukan seni dan budaya serta Tari tarian dari bangsa Indonesia, seperti diketahui biasanya Istana Merdeka merupakan Lokasi dan tempat dengan akses terbatas dan dijaga ketat keamanan.
Pertunjukan diawali Tari Pa'jaga Makkunraev dari Sulawesi Selatan, belasan penari wanita membawakan Tari Pa'jage Makkunraev dengan apik dan gemulai. Mereka mengenakan pakaian khas Sulawesi Selatan.
Tari Pa'jage Makkunraev merupakan tarian istana yang dilakukan oleh kaum bangsawan di dalam istana, pajaga bukan hanya gerak semalam suntuk, akan tetapi sebagai meditasi, pemujaan kepada penguasa alam pada jaman pra islam untuk menjaga ketentraman dan kesejahteraan lahir dan batin.

Usai Tari Pa'jage Makkunraev, napak tilas sejarah Sumpah Pemuda dilanjutkan dengan pembacaan naskah Sumpah Pemuda yang dibawakan oleh dua atlet nasional peraih medali emas Olimpiade Rio de Janiero untuk cabang olah raga bulu tangkis, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.
Acara Nusantara berdendang ini di hadiri dan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden, Jususf Kala dan Ibu Mufidah Jusuf Kala, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, para menteri dan pejabat Negara, gubernur, Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno, Bupati dan masyarakat umum.
Direktur Eksekutif Jaringan Kota Pusaka Indonesia Pusat, Nanang Asfarinal saat menyerahkan undangan Nusantara Berdendang untuk Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno mengungkapkan “ Undangan untuk Walikota Bupati berkisar 20 undangan, termasuk Walikota Tegal, ini merupakan suatu kehormatan.”(Daryani/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita