Home » » PENATAAN KAWASAN PAI

PENATAAN KAWASAN PAI

Written By Media Rakyat on Friday, 28 October 2016 | 01:37:00



TEGAL- (Media Rakyat). Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kota Tegal akan memaksimalkan objek wisata Pantai Alam Indah sebagai potensi pariwisata yang dimiliki Kota Tegal. Hal itu diungkapkan Walikota Kota Tegal KMT Hj Siti Masitha Soeparno dalam kunjungannya ke PAI dalam rangka Monitoring Pembangunan Kawasan PAI, Kamis ( 27/10).
Dikatakan walikota dari 12 Ha lahan Kawasan PAI yang sudah digunakan saat ini, kedepan akan diperluas menjadi 16 Ha. Walikota juga mengungkapkan pembenahan seluas 16 Ha yang akan dilakukan adalah dengan merubah total wajah PAI yang sekarang ini.   Fasilitas akan dibuat menjadi lebih representatif. “Akan ada joging track, fungsi kios pedagang akan dibuat hanya untuk berjualan tidak dengan timpat tinggal.
selain itu paling utama adalah kita akan menjual view pantai nya, pengunjung yang datang akan dapat lasngung melihat pantai tanpa terhalang kios pedagang dan tempat parkir seperti sekarang ini. Bahkan dari  3 km garis pantai PAI sekarang 2 kilometer  dibuat pantai pasir putih dan 1 km untuk jogging track.  “Sehingga harapannya jika wisatawan ingin melihat wisata di Tegal ya pilhannya ke PAI.”ucap walikota.
Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tegal, Drs. R. Supriyanta dalam keterangannya nantinya kawasan ini akan dibangun kembali menjadi kawasan rekreasi pantai yang lebih representatif dari yang sekarang ini. Kondisi kios-kios pedagang yang sekarang ini digunakan juga sebagai tempat tinggal akan digantikan dengan kios yang lebih terbuka.
Kawasan penghijaun yang terlalu rimbun akan tata ulang. Kawasan parkiran yang sekarang ini berada dekat dengan bibir pantai akan dipindah lebih ke belakang, akan disediakan juga area parkir barat dan parkir timur. Sehingga nantinya setiap pengunjung yang datang akan langsung dapat melihat pantainya. Akan disiapkan juga kawasan kuliner, gerbang masuk juga akan dirubah menjadi lebih dari yang sekarang. “Sehingga harapannya kawasan Pantai Alam Indah  benar- benar menjadi pusat rekreasi bagi warga Kota Tegal dan sekitarnya”.Ucapnya.
Sementara itu Kepala Bappeda Kota Tegal Ir. Nur Effendi, M.Si mengatakan proses penataan Waterfront City yang direncanakan Pemerintah Kota Tegal adalah seluas 68 Ha, namun tahap pertama akan dilakukan penataan seluas 16 Ha dikawasan PAI agar menjadi destinasi wisata unggulan Kota Tegal. Adapun proses perencanaan, konstruksi, sampai pelaksanaan di target selesai dalam satu tahun anggaran yang akan di mulai tahun 2017.  Anggaran yang telah disiapkan sejumlah 30 Milyar”.Ucapnya. “Untuk saat ini proses yang dilakukan adalah pembenahan infrastruktur terlebih dahulu”.Imbuhnya.  
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tegal mengatakan untuk saat ini proses penataan PAI telah dimulai dengan pembuatan jogging track sepanjang 1 kilometer. Kedepan kawasan tersebut juga akan dilengkapi dengan lampu penerangan setinggi 25 meter di empat titik. Selain itu didekat pantai akan dibuat tulisan “Pantai Alam Indah” dengan ukuran besar dan dapat menyala dimalam hari.  Gerbang pintu masuk sebelah timur juga akan pindah lebih ke arah selatan lagi.  “Harapannya tahun depan perubahannya sudah dapat dirasakan masyarakat Kota Tegal”. Ucapnya. (Daryani/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita