Home » » KUNJUNGAN DIRUT PELINDO 3 KE KOTA TEGAL

KUNJUNGAN DIRUT PELINDO 3 KE KOTA TEGAL

Written By Media Rakyat on Tuesday, 11 October 2016 | 19:58:00

TEGAL- (Media Rakyat). Proses penataan ulang Pelabuhan Kota Tegal akan dimulai Februari Tahun 2017. Hal itu diungkapkan Direktur Pelindo 3 Orias Petrus Moedak saat bertemu Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno di ruang Adipura, Selasa (11/10). Kunjungan kali ini terkait proses pengembangan Pelabuhan Kota Tegal dari pelabuhan perikanan menjadi pelabuhan niaga dan penumpang yang digagas Pemerintah Kota Tegal.
Walikota Tegal mengatakan Pelabuhan Kota Tegal merupakan salah satu potensi yang dimiliki Kota Tegal untuk dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Oleh karena itu Pemerintah Kota Tegal ingin Pelabuhan Kota Tegal dapat dikembangkan lebih lanjut. “Tidak hanya menjadi pusat kawasan perikanan, namun Pelabuhan Kota Tegal juga harus menjadi Pelabuhan Niaga dan Penumpang.
Selain itu walikota juga memandang pengembangan pelabuhan ini mutlak dilakukan mengingat dampak yang akan dirasakan Kota Tegal terhadap pembangunan Jalan Tol Pejagan Pemalang. “Dengan tidak adanya Exit Tol di Kota Tegal akan berdampak pada mobilitas orang yang masuk ke Kota Tegal, hal ini tentu akan berdampak pada  perekonomian masyarakat Kota Tegal”, ucapnya.
Oleh karena itu menurutnya potensi pelabuhan harus dimaksimalkan. Selain untuk mengembalikan kebahari-an Kota Tegal, pengembangan pelabuhan juga untuk mendukung program-program pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup nelayan.
Sementara itu Direktur Pelindo 3 Orias mengatakan setelah melihat langsung ke lokasi pihaknya merasa prihatin dengan kondisi pelabuhan Kota Tegal. Oleh karena itu pihaknya akan memulai proses pembenahan dengan menggeser kapal-kapal nelayan yang selama ini terparkir di pelabuhan dilanjutkan pengerukan baik dikawasan pelabuhan maupun di ujung alur pelabuhan. “Kegiatan itu akan dimulai Februari 2017 dan ditarget selesai selama 1 tahun berikutnya”. ungkapnya. 
Orias menambahkan untuk membuat Pelabuhan Kota Tegal menjadi pelabuhan niaga dan penumpang pihaknya akan terlebih dahulu melihat potensi industri daerah sekitarnya. “Oleh karena itu pengembangan akan disesuaikan dengan kebutuhan daerah-daerah disekitarnya”. ucapnya.
Kepala Bappeda Kota Tegal Ir. Nur Effendi M.Si mengatakan potensi untuk mengembangkan pelabuhan Kota Tegal menjadi pelabuhan niaga sangat besar, hal ini didukung jumlah konsentrasi nelayan Kota Tegal yang mencapai 12.000 orang yang selama ini tersebar diseluruh Indonesia. Industri perikanan di Kota Tegal saat ini juga masih terbatas sampai pengolahan bahan mentah. Dengan adanya pengembangan para pengusaha dapat mengolah hasil perikanannya di Kota Tegal menjadi produk-produk perikananan jadi lainnya. “Pelabuhan Kota Tegal juga sudah dilirik Investor dari Korea”. ‘terangnya.
Harapannya setelah adanya penataan pelabuhan nelayan-nelayan Kota Tegal yang selama ini tersebar dapat kembali ke Tegal dan memposes hasil tangkapannya di Tegal sehingga dapat meningkatkan perekonomian Masyarakat Kota Tegal. (Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita