Home » » DIRJEN PERUKANAN BUDIDAYA PANEN UDANG VANAMAE DI PEMALANG

DIRJEN PERUKANAN BUDIDAYA PANEN UDANG VANAMAE DI PEMALANG

Written By Media Rakyat on Friday, 28 October 2016 | 01:29:00

PEMALANG - (Media Rakyat). Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang diwakili Direktur Produksi dan Usaha Budidaya, Balok Budiyanto didampingi Wakil Bupati Martono mewakili Bupati Pemalang, melakukan panen udang vaname (Penaeus Vannamei) milik Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdaka) “Mina Sari Lestari” di Desa Nyamplungsari Kecamatan Petarukan.Rabu (26/10/2016).
Udang varietas baru yang berasal dari negara bagian Panama Amerika Serikat tersebut, bisa berkembang pesat di daerah iklim tropis Indonesia,
“Saya melihat di Pemalang termasuk bagus, dengan luas lahan 3000m saya hitung secara kasar saja, akan mendapatkan hasil 400 juta dalam waktu 100 hari.” kata Direktur saat temu lapang dan panen udang vaname secara simbolik di area tambak Pokdatan Mina Sari Lestari, Rabu, (26/10/2016).
Dikatakan, pemerintah pusat sangat serius dalam upaya peningkatan produksi perikanan nasional, hal tersebut dapat dilihat dengan keluarnya Instruksi Presiden, kepada 25 Kementerian maupun Lembaga, Gubernur, Bupati dan Walikota.
Tidak hanya itu, sejumlah bantuan juga akan diberikan kepada kelompok tani, sebagai salah satu upaya mendukung peningkatan produksi perikanan nasional.
" Kabupaten Pemalang telah ditetapkan sebagai kawasan Minapolitan, melalui keputusan Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.
Untuk mendukung pelaksanaan keputusan tersebut, pihaknya melalui APBD telah melakukan perbaikan infrastruktur berupa saluran tambak, jalan dan jembatan produksi.
“Disamping itu melalui dana APBN telah dilaksanakan pula penyediaan bahan dan peralatan untuk kegiatan percontohan / Demfarm Budidaya Vanamae termasuk yang dilaksanakan di Desa Nyamplungsari ini”. Ujar Bupati yang diwakili oleh Wakil Bupati Pemalang H. Martono.
" Kegiatan tersebut bertujuan antara lain sebagai sarana deseminasi teknologi terapan perikanan budidaya khususnya komoditas udang Vanamae, dan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan ketrampilan pembudidaya ikan khususnya petambak dan sebagai media komunikasi diantara kelompok/pelaku usaha udang Vanamae ".di jelaskan Oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Pemalang.Muntohir.Rabu (26/10/2016).
" lahan tambak percontohan yang luasnya mencapai 3,700 m2, ini, ditaburi benih sebanyak 300.000 ekor pada tanggal 28 Juli 2016.
“Pelaksanaan panen kali ini, merupakan panen kedua kali panen parsial dengan produksi mencapai 1,5 ton. Dengan SR sekitar 95% dan FCR 1,28 estimasi produksi total mencapai 4,03 ton.”.pungkas Muntohir. (Heri/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita