Home » » WALIKOTA WISUDA 147 MAHASISWA AKPER PEMKOT TEGAL

WALIKOTA WISUDA 147 MAHASISWA AKPER PEMKOT TEGAL

Written By Media Rakyat on Thursday, 1 September 2016 | 10:22:00

Walikota geser tali
TEGAL – (Media Rakyat). Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno mewisuda 147 mahasiswa Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Tegal angkatan ke XVI Tahun Akademik 2015/2016 di Auditorium Akper Pemkot Tegal, Rabu (31/8).
Dari 147 mahasiswa tiga diantaranya masuk peringkat 3 besar dengan cum laude yakni Ade Sulis Setiani dengan IPK 3.77, Hija Munaji dengan IPK 3.71 dan Artika Aji Ratna Putri dengan IPK 3,69.
Walikota dalam kesempatan itu memberikan penghargaan kepada wisudawan terbaik yang didampingi para orang tuanya.
Usai dilantik, seluruh wisudawan kemudian melaksanakan pengambilan sumpah profesi yang dilakukan oleh Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Jawa Tengah Edy Wuryanto SKp., M.KEP.
Walikota Tegal mengucapkan selamat kepda wisudawan dan mengharapkan para wisudawan harus siap dengan agenda pengembangan kualitas pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi.
“Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi saja belum cukup dijadikan modal untuk menjadi perawat yang  baik. Perlu diingat, dipahami, ditanamkan dalam hati sanubari dan diamalkan dalam peruatan bahwa menjadi seorang perawat berarti harus siap untuk terjun dalam bidang kemanusiaan, yang menuntuk kepekaan sosial,” ungkap Walikota.
Ditambahkan Walikota, dengan pekerjaan yang berhubungan dengan kemanusiaan membutuhkan kelapangan hati dan keihlasan dalam menjalankannya. “Oleh karena itu saya berpesan, untuk selalu ramah, tersenyum, sopan santun dan mau mendengar keluhan para pasien, apapun suasana hati kita saat itu,” harap Walikota.
Direktur Akper Wiharto, S.Kep, M.Si mengatakan Akper Pemkot Tegal yang berdiri pada tanggal 18 Mei 1998 dan diusianya yang ke-18 ini, akper telah meluluskan sebanyak 16 angkatan dengan lulusan sebanyak 1.361 lulusan, dengan penyerapan lulusan lebih dari 75 persen.
Disebutkan Wiharto, beban studi yang ditetapkan kepada mahasiswa sebanyak 110 SKS mampu diselesaikan oleh hampir seluruh lulusan, yaitu 96 persen dalam waktu 6 semester atau 3 tahun.
“Para lulusan Diploma III Akper Pemkot Tegal ini sesuai dengan kurikulum dan evaluasi hasil pendidikan telah dinyatakan trampil dan mampu menyelesaikan masalah keperawatan secara mandiri dan berkelompom sesuai standar asuhan keperawatan,” ungkap Wiharto.
Program pendidikan yang kami  berikan telah dirancang ntuk menumbuhkan sikap profesionalisme sehingga mahasiwa nantinya siap untuk menjadi perawat yang berkualitas, melalui pelaksanaan praktek keperawatan di rumah sakit. Rumah sakit yang digunakan adalah RSUD Kardinah Tegal, dr. Soesilo Slawi, RSUD Brebes, RSI PKU Muhammadiyah Singkil, RSU Bhakti Asih, RSUD Kraton dan Bendan Pekalongan serta RS Jiwa Daerah Surakarta.
Selain itu, mahasiswa juga melaksanakan praktek keperawatan di Puskesmas di Kota Tegal, di masyarakat sebagai daerah binaan, serta Panti Wreda Bhisma Upakara Pemalang dan Panti Wreda Purbo Yuwono Brebes. Dosen di Akper sejumlah 18 orang dosen tetap dan staff tata usaha/administratif sebanyak 19 orang. Untuk meningkatkan kualitas dosen, jumlah dosesn yang telah S2 dan spesiali sebanyak 8 orang dan yang sedang menempuh pendidikan lanjut magister keperawatan di Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro dan Universitas Cirebon sebanyak 8 orang.
Tahun ajaran baru ini, tahun akademik 2016/2017 mahasiswa Akper Pemkot Tegal mendidik mahasiswa sebanyak 441 mahasiswa yang terdiri dari tingkat I 150 mahasiswa, tingkat III sebanyak 147 mahasiswa dan tingkat III sebanyak 144 mahasiswa dengan jumlag laki-laki sebanyak 93 orang dan jumlah mahasiswi sebanyak 348 orang.
 Dalam kesempatan itu, Edy Wuryanto menyampaikan Orasi Ilmiah tentang Masyarakat Ekonomi Asean yang harus dihadapi oleh tenaga keperawatan sebagai peluang dan bukan tantangan. (Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita