Home » » WALIKOTA BERDIALOG DENGAN JAMAAH HAJI KOTA TEGAL

WALIKOTA BERDIALOG DENGAN JAMAAH HAJI KOTA TEGAL

Written By Media Rakyat on Wednesday, 14 September 2016 | 18:32:00

Walikota Dialog interaktif dengan jamaah haji Kota Tegal
TEGAL- (Media Rakyat). Guna mengetahui Kondisi Jamaah Haji Kota Tegal di Mekkah, Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno berdialog dengan Ketua Tim Pendamping Haji (TPHD) Kota Tegal  melalui Video Call dan disiarkan secara langsung di Radio Sebayu, Jumat (9/9).
Dalam pembicaraanya dengan Ketua TPHD Kota Tegal Cahyo Walikota menanyakan kondisi dan perkembangan kesehatan Jamaah Haji di Arab saaudi.  Dalam keterangan yang disampaiakanKetua TPHD Kota Tegal H. Cahyo, saat ini Jamaah Haji sedang disibukan dengan persiapan menuju Arofah, Musdalifah dan Mina untuk melakukan Wukuf dan Melempar Jumarah.  “Jamaah saat ini sudah menyusaikan dengan kondisi iklim di Kota Mekkah. Ucap cahyo.
Cahyo juga menjelaskan setiap hari Jamaah Haji tetap menjalin komunikasi dengan ketua regu untuk menghindari kelompok terpisah. Komuniksi yang dilakukan dikatakan cahyo biasanya melalui media sosial dan visitasi setiap hari oleh tim kesehatan. 
Dalam kesempatan itu Walikota juga mennayakan kebutuhan Obat Jamaah. Terkaiat dengan kebutuhan obat, cahyo menginformasikan saat ini masih distribusi kebutuhan obat berjalan, namun jamaah saat ini belum terlalu membutuhkan.
Terkait dengan keberangkatan ke Arofah Musdalifah dan Mina. Dikatakan H. Cahyo jamaah akan diberangkatkan sabtu siang waktu Arab Saudi. H. Cahyo juga menceritakan jika sudah ada tim yang mensurvei kondisi di arofah sehingga para jamaah akan diinformasikan terkait lokasi yang akan digunakan untuk bekemah disana.  H. Cahyo menambahkan jamaah akan berangakt sabtu siang ke Arofah, kemdian hari minggu sore berangkat ke Musdalifah dan Senin paginya menuju ke Mina untuk melakukan lempar jumrah.
Selain dengan Ketua TPHD Kota Tegal Walikota juga melakukan pembicaraan dengan salah perwakilan Jamaah Haji Kota Tegal Ibnu, dalam dialognya Ibnu mengatakan dari awal keberangkatan sampai akan melakukan wukuf diarofah semua nya berjalan lancar dan pelayanan kesehatan juga berjalan dengan baik. Kepada Ibnu Walikota bepesan agar jamaah selalu berkoordinasi dan saling membantu jika ada jamaah lain yang membutuhkan bantuan terutama yang berusia lanjut.
Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Nuril Anwar menanyakan terkait adanya kebakaran di Hotel Jamaah Haji. Dijelaskan Cahyo  kebakaran terjadi bukan di hotel tempat jamaah haji Kota Tegal menginap.  Sementara itu ketua Kloter 52 Thohari menjelaskan saat ini jamaah ini akan memulai perjalan arafah hari sabtu siang. Thohari juga sudah menyampaikan pesan ke jamaah haji agar membawa perbekalan makanan ketika akan menuju arofah mengingat jamaah haji baru mulai akan mendapat makan di arofah pada sabtu malam sampai minggu malam.
Terkait adanya 44 Jamaah haji yang hari ini menuju ke Mina untuk melakukan Ibadah Tarwiyah, Ketua TKHI H.Forqon menginformasikan hal itu sudah difasilitasi agen perjalan dari mulai keberangkatan sampai di Mina.
Diakhir dialog Walikota berpesan agar koordinasi dengan jamaah terus dijaga agar para jmaah agar tidak terpisah. Hadir dalam dialog, Plt Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Shinta, SH.MH, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Abdal Hakim Thohari, Sp.RM,M.MR Asisten I Drs. Imam Badarudin dan Asisten II Herlien Tedjo Oetami, SH beserta jajaran SKPD Terkait.(Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita