Home » » PUNCAK PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL 2016

PUNCAK PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL 2016

Written By Media Rakyat on Wednesday, 14 September 2016 | 18:42:00

TEGAL-(Media Rakyat) Keluarga merupakan pembentuk karakter bangsa dan tempat pembentuk revolusi mental yang paling utama. Hal itu diungkapkan Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno dalam Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional tahun 2016 di Pendopo Ki Gede Sebayu, Jumat (9/8).
Dalam sambutannya Walikota mengatakan hari keluarga merupakan momentum yang sangat tepat dalam pembangunan keluarga. “ini adalah salah satu program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan nawacita terutama cita ke 3, ke 5 dan ke 8”, ucap Walikota. Dalam cita ketiga yang berbunyi membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah pinggiran dan kelurahan, Walikota menjelaskan  Kota Tegal sudah melaksanakan program pembangunan keluarga yang dilaksanakan oleh kader yang, berbakat, beprestasi dan aktif di setiap Kelurahan.
Kemudian untuk mewujdkan Cita Ke-lima dan Ke-delapan dikatakan Walikota, pemerintah harus terus meningkatkan kualitas manusia sebagai modal pembangunan agar memiliki daya saing dalam rangka menghadapi era globalisasi dan melakukan revolusi karakter bangsa yang diawali dengan revolusi mental di keluarga.
Menurut Walikota karena keluarga merupakan  unit terkecil dalam masyarakat sekaligus wahana utama dan pertama bagi bersemayamnya karakter bangsa. “Keluarga adalah pilar pembangunan bangsa dan mempunyai peran penting dalam pemenuhan kebutahan asah, asih dan asuh”ucap Walikota.
Walikota juga berpesan agar semua keluarga di Kota Tegal agar memaknai Hari Keluarga Nasional bukan hanya Peringatan saja, tetapi harus diterapkan dalam keseharian. Adanya kasus 20 anak yang menjadi  korban pelecehan seksual “Kaum Gay”, Walikota menekankan kepada perwakilan keluarag yang hadir agar berhati hati dengan kaum LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender). “Dari sudutpandang manapun tidak dibenerakan adanya LGBT”,pungkas Walikota.
Sementara itu Ketua BPMPKB Kota Tegal dr. Mohammad Hafidz, M.Kes dalam keterangannya mengatakan maksud diadakannya Peringatan Hari Keluarga Nasional adalah sebagai wahana memperkuat komitmen politis pemerintah baik ditingkat pusat dan daerah untuk mendukung pelaksanaan pembangunan di bidang kependudukan dan keluarga berencana dalam rangka mewujudkan keluarga yang bahagia, sejahtera dan berkualitas.
Selain itu juga bertujuan meningkatkan peran serta stackholder dan  mitra kerja  dalam melaksanakna program kependudukan dan keluarga berenana, meningkatkan peran dan keluarga melalui peran fungsi agar terbentuk kesiapan keluarga dalam mengahadapi tantangan.
Dalam peringatan itu Walikota juga menyerahkan piagam penghargaan dan sembako bagi empat kelaurga sebagai akseptor KB dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Terbaik yang diraih oleh Amalia Chaerunisa dari Kelompok BKB Werkudoro. Walikota juga menyerahkan Piagam Pengahargaan bagi Pemenang Lomba Motivator KB Pria Terbaik M. Abdul Aziz Kelurahan Debong Kidul, Lomba Kelompok BKR kepada Kelompok BKR Mandiri Mintaragen, Lomba KB Lestari kepada Keluarga Karmen dan Raedah Debong Lor,  Lomba Sub PPKBD kepada Widya Astuti Debong tengah serta Lomba Kelompok KB Pria terbaik yang diraih oleh Kelompok Prio Utomo Kalinyamat Kulon.  Acara dengan ditutup oleh penampilan drama oleh Siswi Siswa SMA N 5 Tegal. (Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita