Home » » KOTA TEGAL IKUTI 3 LOMBA TINGKAT PROVINSI

KOTA TEGAL IKUTI 3 LOMBA TINGKAT PROVINSI

Written By Media Rakyat on Thursday, 22 September 2016 | 10:49:00

Walikota bersama TIM Penilai
TEGAL - (Media Rakyat). Tim Penilai Lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah datang ke Kota Tegal untuk menilai dan tinjauan lapangan setelah sebelumnya Kota Tegal yang secara administrasi untuk Lomba Posyandu, Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) dan Lomba Pelaksana Terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) lolos di tingkat Provinsi Jawa Tengah .
Acara di pusatkan di balai posyandu Dewi Sintha Jl. Flores Baru Raya RT 2 RW 11 Kelurahan Panggung , Rabu (21/9)
Hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Tegal, Drs H M Nursholeh M.M.Pd, Plt Sekretaris Daerah Kota Tegal, Dyah Kemala Sintha, SH. MH dan Jajaran ,Tim Penilai Lomba Posyandu, Ketua Tim Penggerak PKK, Camat, Lurah, Forkopicam, Tokoh Mayarakat, Tokoh Agama
Dalam kesempatan itu Walikota Tegal KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno menyampaikan “ Saya berbahagia dengan kehadiran bapak dan ibu tim penilai di Kota Tegal. sebab selain memperoleh kesempatan untuk dinilai dalam lomba tingkat Provinsi,  masyarakat Kota Tegal juga berkesempatan untuk memperoleh bimbingan, sehingga kelak bisa melakukan upaya-upaya terbaik, demi meningkatnya kesejahteraan keluarga, masyarakat dan lingkungan di Kota Tegal.”
“Dalam konteks penyelenggaraan posyandu, saya termasuk orang yang sangat memperhatikan terhadap perlakuan yang maksimal terhadap anak-anak, terutama dalam hal pemberian layanan kesehatan, karena ketika kita memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada anak-anak, itu sama artinya kita mempersiapkan generasi yang baik untuk masa yang akan datang. dan posyandu adalah media yang paling efektif untuk melakukan itu semua.” tegas Walikota.
Tak lupa Walikota juga menyampaikan peran penting dari posyandu.” Posyandu sangatlah penting. karena sebagai wahana pelayanan kesehatan di tingkat dasar, posyandu telah secara nyata memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan secara terpadu.”.  
Terkait dengan lomba pola hidup bersih dan sehat, Walikota mengingatkan bahwa sehat adalah karunia tuhan yang harus senantiasa disyukuri. sehat juga merupakan investasi untuk meningkatkan produktivitas kerja. karenanya kesehatan perlu dijaga, dipelihara dan ditingkatkan oleh setiap anggota keluarga.
selain lomba posyandu dan phbs, hari ini juga kita akan melaksanakan lomba lingkungan bersih dan sehat, yang juga tingkat provinsi jawa tengah.
Sedangkan untuk lomba lingkungan bersih dan sehat (lbs) memiliki semangat yang sama dengan lomba posyandu dan phbs, yakni semangat sosial untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik.
“Oleh karenanya saya meminta seluruh masyarakat Kota Tegal memperhatikan betul kegiatan lomba lbs ini. bukan semata untuk meraih juara, tetapi demi terlahirnya masyarakat yang kuat dan memiliki kualitas kesehatan yang prima” Ungkap Walikota
Diakui oleh Ketua Tim Penilai yang juga berasal dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( Bapermasdes), Bidang Pengembangan Desa dan Kelurahan, Sosial Budaya Provinsi Jawa Tengah , Raidun Manurung  “Kota Tegal ini masuk untuk tingkat provinsi tiga kegiatan yang sangat luar biasa, karena belum tentu dari ada 35 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah bisa Seperti Kota Tegal.”
Ditambahkan oleh Raidun “Tim sudah memang sudah memfilter semua kegiatan khusunya lomba ini . ini khususnya posyandu dari 18 kabupaten ini ini yang masuk hanya beberapa saja termasuk Kota Tegal yang sangat luar biasa , administrasinya sangat luarbiasa”
“Jadi kedatangan kami disini hanya mencocokan , kira ira  betul apa tidak yang disampaikan kepada kami baik itu dari Posyandu , lhbs maupun dari phbs .” ungkap Raidun.
Senada yang diungkapkan oleh Walikota Tegal ,”Kegiatan ini tidak semata mata juara tetapi untuk bagaimana supaya lingkungan maupun teman teman yang disekitar kita melihat atau meniru kegiatan kegaitan perkembangan yang ada , baik itu poyandu , baik itu desa maupun kelurahan , oleh karena itu orientasi bapak presiden sudah masuk ke Kelurahan Maupun ke Desa” Ungkap Raidun
Tim penilai berasal tingkat provinsi terdiri dari Bapermasdes , Dinkes , Bappeda,dan PKK
Dalam kesempatan wawancara dengan Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan UKBM Dinas keshatan Kota Tegal , Endah Pratiwi, SH “Ada 3 lomba yang di ikuti Oleh Kota Tegal yaitu pelaksana terbaik perilaku hidup bersih dan sehat di Kelurahan Kalinyamat Kulon , lomba lingkungan bersih dan sehat di Kelurahan Panggung dan lomba Posyandu di balai Posyandu Dewi Sintha Jl. Flores Baru Raya RT 2 RW 11 Kelurahan Panggung.”
“Sedangkan leading sector untuk Posyandu itu BPMPKB, kalau untuk PHBS Dinkes , LBS Kantor Lingkungan Hidup” ungkap Endah . (Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita