Home » » WALIKOTA TEGAL MEMAPARKAN PROFILE BUNDA PAUD

WALIKOTA TEGAL MEMAPARKAN PROFILE BUNDA PAUD

Written By Media Rakyat on Saturday, 6 August 2016 | 09:55:00

Walikota Tegal memaparkan profil PAUD
PEKALONGAN - (Media Rakyat). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Tegal secara pribadi melakukan paparan di hadapan Juri Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Karesidenan Pekalongan Tahun 2016, di Hotel Marlin Wiradesa Kabupaten Pekalongan, Kamis (04/08). Hal tersebut sebagai bentuk perhatian besar dan komitmen Walikota sebagai Bunda PAUD Kota Tegal terhadap PAUD Kota Tegal. Walikota memaparkan visi, misi, program dan capaian PAUD di Kota Tegal selama masa kepemimpinannya dihadapan para juri yang terdiri dari Nur Hidayah, SPd dari Kota Pekalongan, Trismanto Kota Tegal, Drs. Sodik, MPd Kabupaten Tegal, Roisah, MPd Kabupaten Brebes, Marifah dari Kabupaten Pemalang.
“Visinya adalah bagaimana terwujudnya PAUD holistik integratif berbasis pelayanan prima,” tutur Bunda PAUD yang akrab disapa Bunda Sitha tersebut dihadapan juri mengenai visi Bunda PAUD Kota Tegal. Dengan bekerja  sepenuh hati untuk anak-anak generasi bangsa, Bunda PAUD Kota Tegal mempunyai misi untuk menciptakan budaya belajar dan budaya prestasi. “Salah satu misi Bunda PAUD agar belajar jadi budaya, Dijelaskan Bunda PAUD Kota Tegal, arah kebijakan bunda PAUD 2015 sampai 2019, akses pelayanan merata dengan meningkatnya mutu PAUD dengan difokuskan kepada SDM. Kemudian 2017 SDM berdaya saing nasional dan 2018 mencetak PAUD yang berprestasi sehingga 2019 tercapai visi PAUD holistik integratif berbasis pelayanan prima  Dalam paparannya, Bunda PAUD. sebagai strategi memajukan PAUD Kota Tegal. “Dengan membangun sinergitas antar pemangku sekitarnya  Kemudian peningkatan akses dan mutu layanan dan efektifitas birokrasi dan pelibatan publik berbasis pelayanan prima,”ungkapnya.
Kini pencapaian APK Kota Tegal di tahun 2016 sekitar 70 persen dan ditargetkan pada tahun 2018 APK mencapai 75 persen. Dengan target satu PAUD dapat didirikan di setiap RW satu. “Saat ini telah berdiri 196 lembaga sehingga prosentasenya 755 persen, lebih maju lagi dari apa yang  ditargetkan. secara sentral melakukan kerja sama dengan berbagai stakeholder, ” jelasnya.Usai Paparan selama kurang lebih 15 menit, para juri melakukan tanya jawab seputar materi yang dipaparkan oleh Bunda PAUD Kota Tega. Salah seorang Juri Apresiasi Bunda PAUD, Marifah mengatakan ada tiga komponen atau instrumen dilaksanakan pada Kamis (20/7). “Dari masing-masing kab/kota yang ikut paparan atau tidak ikut pemaparan semua sudah dikirimkan.  Bobot penilaian profile 40 persen,” katanya. Sementara penilaian paparan bobot 60 persen. Untuk paparan telah dilaksanakan tahap I dan II, diikuti oleh Bunda PAUD Kab Pemalang dan Kab Tegal. Untuk tahap kedua diikuti Bunda PAUD Kota Tegal dan Kabuaten Batang. Sementara Bunda PAUD Kab Brebes tidak bisa hadir karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan dan tidak dapat diwakilkan.
“Bagi juara I tingkat karesidenan pekalongan akan dilakukan penilaian lapangan, yang nantinya akan mewakili ke tingkat provinsi tutur Marifah.(Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita