Home » » WALIKOTA TEBARKAN BENIH BANDENG DI KOMPLEK BUMPER KOTA TEGAL

WALIKOTA TEBARKAN BENIH BANDENG DI KOMPLEK BUMPER KOTA TEGAL

Written By Media Rakyat on Thursday, 4 August 2016 | 12:14:00

TEGAL-(Media Rakyat). Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno bersama anggota Forkopimda menebar 6.000 bibit ikan bandeng dan tanam bibit tanaman di Bumi Perkemahan (Buper) Kota Tegal, dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Kota Tegal, Rabu (03/08). Walikota menebar bibit ikan bandeng di kolam selatan Bumi Perkemahan Kota Tegal. Diharapkan ikan bandeng tersebut menjadi besar sehingga dapat dijadikan ajang memancing bagi masyarakat Kota Tegal. Sementara bibit tanaman yang ditanam di Buper dapat mempertahankan kelestarian alam di Kota Tegal.“Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk mempertahankan kelestarian alam kita, mulai menebar benih ikan bandeng supaya mereka hidup kembali dan menanam pohon. Sementara lomba-lomba yang diikuti oleh para siswa merupakan media untuk mencurahkan slogan-slogan mencintai lingkungan lewat lukisan dan gambar,” ungkap Walikota.
Selain menebar benih ikan dan menanam pohon bersama anggota Forkopimda, Walikota juga berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Peduli Lingkungan, Kelurahan Pemenang Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Kota Tegal Tahun 2016 dan Sekolah Adiwiyata serta menyerahkan secara simbolis dua becak sampah kepada TPST kelurahan Randugunting dan Kelurahan Kraton dan penukaran sampah plastik dengan bibit pohon. Walikota juga menyoroti tentang Hutan Kota di Kawasan Bumper Kota Tegal yang perlu dibenahi kembali dan difungsikan sebagai tempat wisata bagi masyarakat. Disebutkan Walikota ada tiga hutan kota di Kota Tegal yang dapat dijadikan tempat wisata seperti di Kota-Kota lain.
Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Tegal M. Rudy Herstyawan, ST, MSi mengatakan untuk penghijauan lingkungan di beberapa ruas jalan di Kota Tegal, telah dilakukan penanaman pohon sebanyak kurang lebih 12.000 batang. Antara lain di sepanjang Jalan Martoloyo, Jalan Diponegoro, Jalan Mataram, Jalan Gatot Subroto, Jalan di Kelurahan Kaligangsa, Jalan di Kelurahan Kalinyamat Kulon, dan di beberapa sekolah, dengan jenis tanaman peneduh glodogan, trembesi , angsana dan pucuk merah. Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup, Pemkot juga melaksanakan penilaian Sekolah Adiwiyata, mencakup 20 sekolah dasar negeri dan swasta di Kota Tegal yang dianggap telah melaksanakan upaya pelestarian lingkungan yang tercermin dalam visi, misi, kurikulum dan sarana prasarananya. “Berdasarkan skoring yang telah dilakukan maka 16 sekolah dinilai layak mendapat sertifikat Sekolah Adiwiyata dari Walikota,” ungkap Rudy.
Sementara Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat antar kelurahan se-Kota tegal, dengan hasil juara I Kelurahan Panggung, Juara II Kelurahan Kaligangsa, Juara III kelurahan Debong Lor dan juara IV Kelurahan Kalinyamat Wetan. Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya kepedulian masyarakat Kota Tetgal agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat untuk mensukseskan program Adipura.  Sebagai bagian dari Peringatan Hari Lingkungan Hidup Kota Tegal Tahun 2016, juga dilaksanakan beberapa kegiatan lomba untuk anak sekolah, yang dimaksudkan untuk menumbuhan kesadaran akan pentingnya upaya pelestarian lingkungan sejak usia dini, melalui beberapa lomba anytara lain Lomba Poster untuk siswa SMA, lomba daur ulang limbah organik menjadi kerajinan tangan tingkat SMA, Lomba Mewarnai untuk siswa kelas 1-2 SD dan Lomba Puisi untuk siswa SD.
Sebagai contoh nyata praktek pelestarian lingkungan pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Kota Tegal Tahun 2016, ini dilakukan pula penanaman bibit pohon, penebaran bibit ikan, Sebagai bentuk aprsesiasi atas upaya masyarakat dalam pengelolaan lingkungan maka hari ini kami juga menghadirkan perwakilan masyarakat dari Gugus Tugas yang aktif menjaga kelestarian lingkungan pesisir dan Kelompok Swadaya Masyarakat yang mengelola TPST yang merupakan titik pantau Adipura.  Terkait dengan penilaian Adipura, berkat kegigihan Walikota untuk menggapai Adipura akhirnya sedikit membuahkan hasil, penantian panjang masyarakat Kota Tegal untuk meraih Adipura lebih dari 20 tahun tersebut terobati dengan diraihnya Predikat Sertifikat Adipura 2016. Tahun ini baru berupa sertifikat, tetapi kita yakin dengan keinginan yang kuat dari masyarakat Kota Tegal melalui petunjuk dan arahan serta komitmen kuat dari Walikota, insyallah tahun depan kita dapat raih Piala Adipura,” pungkas Rudy. (Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita