Home » » SINERGITAS POLWAN DAN BHAYANGKARI DUKUNG PROGRAM PEMERINTAH DALAM BULAN VITAMIN A

SINERGITAS POLWAN DAN BHAYANGKARI DUKUNG PROGRAM PEMERINTAH DALAM BULAN VITAMIN A

Written By Media Rakyat on Wednesday, 10 August 2016 | 14:21:00

Polwan berikan vitamin
PEMALANG - (Media Rakyat). Vitamin A merupakan kebutuhan setiap manusia kerena kekurangan vitamin A ( KVA) masih merupakan masalah tersebar seluruh dunia terutama di negara2 berkembang dan dapat terjadi pada semua umur terutama pada masa pertumbuhan. Salah satu dampak kurang vitamin A adalah kelainan pada mata yang umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan –4 tahun yang menjadi penyebab utama kebutaan di negara berkembang. Kurang Vitamin A pada anak biasanya terjadi pada anak yang menderita Kurang Energi Protein (KEP) atau gizi buruk sebagai akibat asupan zat gizi sangat kurang, termasuk zat gizi mikro dalam hal ini vitamin A. Anak yang menderita kurang vitamin A mudah sekali terserang infeksi seperti infeksi saluran pernafasan akut, campak, cacar air, diare dan infeksi lain karena daya tahan anak menurun.
untuk mencegah kekukangan vitamin A terutama pada balita, pemerintah menyelengarakan bulan vitamin A yang dilaksanakan setiap bulan februari dan agustus sasaran program ini adalah balita dari nusia 6 bulan s/d 59 bulan.
vitamin A yang dibagikan adalah vitamin A dosis tinggi, ada 2 jenis vitamin A yang di berikan yaitu yang warna biru (100.000 IU) untuk bayi usia 6 sd 11 bulan, dan yang merah (200.000 IU) untuk usia 12 sd 59 bulan.
dalam kegiatan bulan vitamin A agustus 2016 ini Polres Pemalang/Klinik pratama polres pemalang menggandeng puskesmas kebondalem Kec Pemalang melaksanakan pemberian vitamin A kepada balita di Tk Bhayangkari pemalang sejumlah 65 anak dan di posyandu cempaka putih I dan II Rw 11 dan 12 Kebondalem sebanyak 170 anak.
pada kesempatan itu, Selasa ( 09/08 ) Kasubaghumas AKP Liestiyawati, S.H memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu agar memperhatikan asupan makanan untuk buah hati nya. seorang ibu harus pandai memperhatikan nilai gisi dan kandungan vitamin untuk buah hatinya. menkonsumsi vitamin A bagi balita banyak manfaatnya seperti meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare, membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ke tempat yang gelap serta masih banyak manfaat yang lain.
Sumber vitamin A banyak terdapat pada  Air Susu Ibu (ASI) Bahan Makanan hewani seperti : hati,kuning telur,ikan,daging,ayamdan bebek. Buah –buahan warna kuning dan jingga seperti Pepaya,Mangga masak,Alpukat,Jambu Merah dan Pisang. Sayuran yang berwarna hijau tua dan berwarna jingga seperti :Bayam,Tomat,Wortel.
itu semua tersedia di sekitar kita tinggal bagaimana para ibu-ibu pandai mengemas dalam penyajiannya sehingga anak-anak balita tertarik dan mau menkonsumsinya, agar tercukupi kebutuhan vitamin untuk tubuhnya.(Heri/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita