Home » » KONTINGEN JAMNAS KWARCAB PEMALANG HARUS BISA JADI DUTA DAERAH.

KONTINGEN JAMNAS KWARCAB PEMALANG HARUS BISA JADI DUTA DAERAH.

Written By Media Rakyat on Thursday, 11 August 2016 | 20:38:00

Kwarcab Pemalang
PEMALANG – (Media Rakyat). Bupati Pemalang H. Junaedi selaku ketua Mabicab Pemalang, meminta kontingen Jambore Nasional (Jamnas) Kwarcab Pemalang, selain berkompetisi, juga menjadi duta untuk memperkenalkan serta mempromosikan seni budaya Pemalang kepada peserta Jamnas dari kontingen lain.
Permintaan bupati tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada Upacara Pelepasan Kontingen Jambore Nasional ke-10 Tahun 2016 di Pendopo Pemalang, Rabu (10/8/2016).
" sebagai duta Pemalang, sudah sepatutnya anggota kontingen bersikap santun pada siapapun dan menjaga perilaku dalam bergaul dengan kontingen lain. Mengingat jadwal kegiatan yang padat dan jarak menuju tempat Jamnas yang cukup jauh, agar kontingen menjaga kesehatan serta jangan sampai meninggalkan ibadah menurut agama masing-masing ".Dikatakan Bupati Pemalang Rabu (10/08/2016).
Sementara itu Ketua Kwarcab Pemalang, Suharto dalam laporannya menjelaskan Jamnas merupakan program kerja Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang diadakan setiap 5 tahun sekali. Tahun ini merupakan penyelengaraan yang ke-10. Menurut aturan struktural organisatoris, Kwarcab Pemalang wajib mengikuti event bergengsi dan langka tersebut.
Masih menurut Suharto, tujuan Jamnas adalah membentuk watak, menanamkan sikap kemandirian, keterampilan, persatuan serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka, yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma. Adapun sasaranya antara lain, meningkatnya ketakwaan Tuhan, meningkatnya kemampuan teknik kepramukaan dan memperluas wawasan persaudaraan, serta memberikan pengalaman kegiatan di alam terbuka.
Jamnas ke-10 tahun 2016, yang diadakan di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur ini mengambil tema, “Mandiri Berprestasi dan Berkarakter”, adapun mottonya “Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan”. Event kepramukaan tingkat nasional ini akan berlangsung selama seminggu, mulai 14-21 Agustus. Kontingen Kwarcab Pemalang sendiri berjumlah masing-masing 16 Pramuka Penggalang Putra dan Putri, serta pembina dan pendamping berjumlah 4 orang.
Upacara pelepasan kontingen dihadiri Anggota Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pemalang yang terdiri Forkopimda Pemalang. Selain itu, turut hadir pula Ketua Kwarcab Pemalang beserta Andalan Cabang, Ketua Kwarran se-Kwarcab Pemalang, Ketua Majelis Gugusdepan (Mabigus) kontingen Jamnas serta orang tua dari anggota kontingen.(Heri/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita