Home » » WALIKOTA TEGAL BERHARAP AGAR PELATIHAN RAMADHAN DIIMPLEMENTASIKAN 11 BULAN KEDEPAN

WALIKOTA TEGAL BERHARAP AGAR PELATIHAN RAMADHAN DIIMPLEMENTASIKAN 11 BULAN KEDEPAN

Written By Media Rakyat on Wednesday, 6 July 2016 | 20:28:00

Walikota Tegal KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno 
TEGAL – (Media Rakyat). Atas nama Pemerintah Kota Tegal, Walikota Tegal KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno menyatakan prihatin atas terjadinya serangan bom di Masjid Nabawi Madinah, kemarin, serta menyampaikan duka cita kepada seluruh keluarga korban.
Pemerintah Kota Tegal juga menyesalkan terjadinya bom bunuh diri di Mapolresta Surakarta. Karena tak semestinya Bulan Ramadhan yang suci ini dinodai oleh aksi-aksi negatif yang merugikan orang lain. “Semoga aksi ini adalah aksi terakhir dan tak akan ada lagi aksi serupa di bumi Indonesia ini,” harap Walikota.
Hal tersebut diungkapkan Walikota Tegal dalam sambutan Idul Fitri sebelum Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Kota Tegal meluas sampai Alun-alun Kota Tegal mulai pukul 06.15, Rabu (6/7) pagi. Bertindak sebagai Khotib Sholat Idul Fitri Al Ustadz H. Nur Siddiq, S.Pdi, Imam Sholat Al Ustadz H. Imam Ahmad Baehaqi dan Imam Takbiran Al Ustadz Hasyim Asy’ari.
Bagi keluarga yang pada Bulan Ramadhan telah ditinggal salah satu anggota keluarga menghadap ke haribaan Allah SWT, Walikota mendoakan agar diberikan ketabahan, serta yang meninggal dunia tergolong khusnul khotimah.
“Dan bagi saudara-saudaraku masyarakat Kota Tegal saat ini tengah terbaring sakit, saya doakan agar lekas diangkat penyakitnya oleh Allah SWT, dan bisa kembali beraktifitas sebagaimana biasa. Saya juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kota Tegal, agar senantiasa menjaga sikap saling menghormati perbedaan yang ada, serta bisa memaknai indahnya kebersamaan. Sehingga iklim kondusif yang telah terbangun dengan baik di Kota Tegal bisa tetap terpelihara,” kata Walikota.
Tak lupa Walikota mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Tegal yang selama Bulan Suci Ramadhan turut menjaga ketertiban umum, sehingga tercapai kekhusyukan beribadah selama Bulan Ramadhan.
Dikatakan Walikota, selama Bulan Suci Ramadhan, kaum muslimin dilatih diri untuk tekun beribadah kepada Allah SWT, melatih diri untuk mengendalikan nafsu, mengendalikan pola makan, mengendalikan amarah, rajin bersedekah, serta menghindarkan diri dari hal-hal negatif.
Walikota meyakini jika seluruh masyarakat Kota Tegal mampu mengimplementasikan semua pelatihan selama Bulan Suci Ramadhan, maka Kota Tegal akan semakin maju, dibawah lindungan Allah SWT.
Sholat Ied di Masjid Agung Tegal
“Maka sekarang lah saatnya bagi kita untuk mengimplementasikan semua pelatihan dalam kehidupan kita ke depan. Karena inilah hakikat Idul Fitri,” tutur Walikota Tegal yang mengikuti Sholat Idul Fitri bersama Wakil Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd, Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha, SH, MH, Asisten I dan Asisten II Sekda Kota Tegal dan Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.
Sebagaimana layaknya orang yang baru terlahir kembali, marilah kita jalani kehidupan dari nol lagi. Kita praktikkan seluruh pelatihan yang telah kita jalani selama Bulan Ramadhan. Karena bulan ramadhan hakikatnya adalah bulan latihan, dan praktiknya ada pada 11 bulan ke depan,” jelas Walikota.
Akhirnya dengan segala kerendahan hati, Walikota Tegal, dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Tegal mengucapkan kepada seluruh masyarakat Kota Tegal “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H” Taqobalallohu minna wa minkum, Minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahir dan bathin.
Sementara itu dalam khutbah Sholat Idul Fitrinya, Al Ustadz H. Nur Siddiq, S.Pdi mengambil hikmat lebaran yang penuh kegembiraan, jamaah diingatkan perlunya meningkatkan kesadaran bahwa sebagai manusia yang hidup bermasyarakat harus menanamkan sifat saling bantu membantu, hidup gotong royong dan saling tolong menolong.
“Hilangkanlah sifat egoisme atau mementingkan disi sendiri tanpa memperdulikan kepentingan orang lain. Jangan asal dirinya kenyang, berkecukupan, selamat dan bahagia lalu tidak memperdulikan nasib orang lain,” ungkap Nur Siddiq.
Kepedulian kaum muslimin kepada sesama yakni dengan melaksanakan perintah Alla SWT dengan mengeluarkan zakat fitrah, yang berupa bahan makanan pokok.
Pengurus Masjid Agung Kota Tegal dalam Bulan Ramadhan 1437 H ini berhasil menghimpun zakat fitrah sebanyak 1,183 kg dari berbagai sumber. Antara lain Baznas Kota Tegal 60 kg, Ali Makmur Jl. Masjid 100 kg, H. Darmansyah “Tri Arga” 100 kg, M. Yusu Nasir 100 kg, H. Abd Kadir Gandawijaya 15 kg, Koperasi Swamitra 25 kg dan masyarakat sebanyak 773 kg.
Hasil pengumpulan zakat kemudian dikeluarkan kepada sabilillah sebanyak 115 kg, fuqoro wal masakin 800 kg dan untuk amil sebanyak 168 kg. (Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita