Home » » WALIKOTA TEGAL TANAM BIDARA LAUT DI TAMAN HUTAN KOTA MUHAMMAD SABKI JAMBI

WALIKOTA TEGAL TANAM BIDARA LAUT DI TAMAN HUTAN KOTA MUHAMMAD SABKI JAMBI

Written By Media Rakyat on Friday, 29 July 2016 | 01:15:00

Walikota tanam bidara laut
JAMBI - (Medi Rakyat). Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno menanam tanaman khas Kota Tegal, Bidara Laut, di Taman Hutan Kota Muhammad Sabki, Kota Jambi, Kamis (28/7).Selain itu Walikota Tegal, dan seluruh anggota walikota yang ikut Apeksi melakukan penanaman pohon sebanyak 91 jenis pohon yang ditanam bersamaan di Taman Hutan Kota Muhammad Sabki dengan nama Arboretum Pohon Nusantara Munas ke V Apeksi tahun 2016, sebagai rangkaian kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang berlangsung di Kota Jambi, Selasa (26/7) hingga Kamis (28/7).
“Kota Tegal menanam pohon Bidara Laut sebagai pohon khas Kota Tegal. Semoga dua pohon bidara laut di Taman Hutan Kota ini dapat tumbuh hingga besar,” ungkap Walikota Tegal usai menanam bersama Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha, SH, MH, Asisten I Drs. Imam Badarudin, Kepala Kepala DPU Kota Tegal Sugiyanto, ST, MT, Kepala Bappeda Kota Tegal Drs. Nur Efendi, Plt. Kepala Dinporabudpar Drs. R. Supriyanta, Plt. Dinkop UMKM dan Perindag Drs. Soeripto, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Tegal M. Rudy Herstyawan, MSi, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Ir. Nunik Pratiwi, Kepala Bagian Humas Protokol Setda Kpta Tegal Dra. Hendiati Bintang Takarini, MM, Plt. Kepala Bagian Umum Setda Kota Tegal Heru Prasetya.
Selain bersama jajaran Pemkot Tegal, tampak Walikota Tangerang Selatan membantu Walikota Tegal menaman pohon Bidara Laut dengan menyiram bersama-sama tanaman yang biasa tumbuh di daerah pantai. Para Walikota yang melaksanakan penanaman pohon khas daerahnya masing-masing juga melakukan foto bersama usai penanaman pohon bersama Walikota Jambi H. Syarif Fasha, ME,Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Tegal M. Rudy Herstyawan, ST, MSi. optimis dua pohon Bidara Laut yang ditanam di Taman Hutan Kota Muhammad Sabki dapat tumbuh dengan baik. Meskipun pohon yang mempunyai nama latin mempunyai kegunaan sebagai obat atau herbal Strychnos lucida biasa tumbuh di pinggiran pantai.
Walikota Jambi mengatakan Taman Hutan Kota yang ditanami oleh para walikota merupakan paru-paru Kota Jambi. Jambi memiliki 9 taman hutan kota dengan luas 88,99 hektar. Disebutkan Walikota Jambi, Taman Hutan Kota Muhamamd Sabki memiliki 217 spesies tanaman. “Dahulu memang taman kota ini merupakan hutan alami sehingga tanah kontur seperti semula. Namun setelah menjadi walikota, taman ini dirubah menjadi lebih baik dengan menata jalan dengan jalan setapak dan lain sebagainya,” ungkap Syarif Fasha.
Pihaknya pernah mengajukan taman hutan kota tersebut menjadi kebun binatang seperti kebun binatang Ragunan. Namun karena Jambi sudah memilik kebun binatang, sehingga Ragunan menyarankan tempat tersebut menjadi bird farm.  “Bird farm kami siapkan beberapa kandang untuk uji coba ada beberapa spesies yang ditangkarkan di sini. Kami mengajak Walikota yang memiliki burung khas untuk dapat dipelihara di taman ini ajak Syarif,
Sementara tanaman yang ditanam para Walikota, Syarif menyampaikan bahwa tanaman pohon nusantara jumlahnya 98 pohon. Namun ada pohon yang sudah ada di Taman Hutan Kota Jambi tersebut  Ternyata dari 56 spesies yang berbeda yang tidak ada disini. Yang 40 lebih sudah ada spesies ini, namun ini untuk penuhi tanaman langka. Sebab dipakai calon program doktor UGM Kehutanan untuk penelitian. Seperti pohon gaharu dengan diameter 100 cm,” pungkas Syarif. ( Daryani,mr,)

IKLAN

Arsip Berita