Home » » TARGETKAN NILAI A, PEJABAT SKPD KOTA TEGAL DI GEMBLENG BINTEK LKIP

TARGETKAN NILAI A, PEJABAT SKPD KOTA TEGAL DI GEMBLENG BINTEK LKIP

Written By Media Rakyat on Monday, 25 July 2016 | 17:02:00

Bitek LKIP SKPD Kota Tegal di Yogyakarta
YOGYAKARTA –  (Media Rakyat). Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Kota Tegal memasang target Penilaian Nilai dari CC langsung ke A terhadap Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2016.
Salah satu upaya yang dilakukan dengan melaksanakan asistensi dan Bimbingan Teknis  (Bintek) Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) dengan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).
“Target bagaimana kita bisa menjadikan nilai CC ini tidak lagi pakai transit di B tapi langsung ke A,” ungkap Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno bersemangat ketika memberi pengarahan kepada Peserta Bintek Penyusunan LKIP di Hotel Cavinton Yogyakarta, Sabtu (23/7).
Menurut Walikota target nilai A tersebut sebagai wujud semangat reformasi dan semangat revolusi mental. “Ini adalah semangat reformasi dan semangat revolusi mental. Jadi tidak boleh tanggung-tangung,” ungkap Walikota.
Target tersebu didasarkan cita-cita dan komitmen Walikota Tegal untuk mengubah dan memperbaiki tata kelola Pemkot Tegal. Apalagi saat pemberian penghargaan kepada seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia dalam acara Forum Koordinasi Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Penyerahan LHE AKIP Pemerintah Kabupaten/Kota di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB Bandung, Jumat (12/02), hanya satu kota yang mendapatkan nilai A, yaitu Kota Bandung.
Oleh karena itu, setelah pemberian penilaian LHE AKIP di Bandung oleh Menteri PANRB, Walikota segera menyampaikan kepada SKPD terkait untuk mengadakan Bintek. “Bintek sebagai program untuk percepatan kita memajukan kinerja secara sistematis. Apalagi saat pemberian sertifikat Pak Menteri menyampaikan pesan khusus beliau kepada saya agar nilai Kota Tegal terus ditingkatkan. Ini adalah salah satu komitmen saya,” tutur Walikota.
“Tentu saja Kota Bandung, seperti disampaikan Bapak Walikotanya Ridwan Kamil, karena ada pendampingan secara intensif dari Kementerian terkait. Sehingga komitmen Pemerintah Daerah beserta pendampingan Kementerian terkait, itulah yang bisa menghasilkan output  yang kita optimalkan,” ungkap Walikota.
Untuk itu dengan Bintek yang dilaksanakan diharapkan output-nya segera bisa direalisasikan. Bahkan akan ada bintek selanjutnya untuk jajaran staf, sehingga ada kesinambungan pimpinan SKPD dan para staf mempunyai persepsi yang sama.
“Inilah yang bisa kita nanti dorong bersama tentu saja pendampingan dari Kepala SKDP. Jadi ada keseimbangan atau balance jika dari narasuber Kementerian telah memberikan secara optimal namun dari pernagkat daerahnya masih belum tergali, itu tentu saja juga menghambat dan sebaliknya,” sebut Walikota.
Kepala BKD Kota Tegal Drs. Irkar Yuswan Apendi MM mengatakan LKIP bagi Pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal Tahun 2016 bertujuan peserta memiliki wawasan dan pengetahuan tentang konsep dan kebijakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah  (SAKIP) secara umum yang berguna sebagai dasar dalam melaksanakan kegiatan penyusunan kaporan akuntabiklitas kinerja instansi pemerintah.
Diharapkan setelah mengikuti Bintek, peserta mampu menyajikan informasi kinerja yang terukur kepada pemberi mandat atas kinerja yang telah dan seharusnya dicapai, peserta mampu mewujudkan upaya perbaikan berkesinambungan bagi intansi pemerinta untuk meningkatkan kinerjanya.
Untuk mendukung kegiatan Bimtek ini agar output kegiatan dapat sesuai dengan diharapkan maka narasumber berasal dari Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenPANRB Agus Uji Hantara, SE.Ak, ME serta Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta antara lain Bappeda dan Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Yogyakarta.
Materi yang diberikan antara lain Konsep dan Kebijakan SAKIP, Perencanaan Strategis, Penetapan Indikator Kinerja, Perencanaan Kinerja, Perjanjian Kinerja, Pengukuran, Evaluasi dan Analisis Kinerja, Penyusunan LKIP dan materi-materi lainnya yang terkait dengan tema Bintek.
Peserta yakni Walikota Tegal, Plt. Sekretaris Daerah, Asiten I dan II serta para pimpinan SKPD dan pejabat struktural lainnya yang mewakili SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal. (Daryani/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita